Puluhan Juta Donasi Warga Kolut untuk Palestina Disalurkan Lewat Tiga Lembaga

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Sabtu, 22 Mei 2021  /  4:20 pm

Bupati Kolut, H Nur Rahman Umar, saat serahkan donasi ke Ketua KNRP Sultra, Sellvy Marlina. Foto: Muh. Risal/Telisik

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Utara, Drs H Nur Rahman Umar, menyerahkan langsung bantuan dana hasil open donasi untuk rakyat Palestina ke tiga lembaga penyalur.

Penyaluran yang didampingi oleh Ketua Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kolaka Utara (Kolut), Dr Taufiq Sonda tersebut, berlangsung di rumah jabatan (Rujab) Bupati Kolut, Sabtu (22/5/2021).

Total dana hasil open donasi yang tersalur hari ini sebanyak Rp 58.500.000. Dengan rincian, Rp 40 juta disalurkan melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rp 10 Juta melalui Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) Kolut, dan Rp 8,5 Juta disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyah (LAZISMU).

Menurut Bupati Kolut, bantuan yang telah didonasikan masyarakat Kolut merupakan wujud empati sesama manusia dan sesama muslim atas penderitaan yang dialami warga Palestina.

Baca Juga: Guru di Baubau yang Meninggal Usai Divaksin Menderita Diabetes Melitus, Bolehkah Disuntik?

Meski bantuan tersebut nilainya tidak seberapa, Nur Rahman berharap bantuan ini dapat meringankan beban hidup yang dialami masyarakat Palestina.

"Kita berharap semoga dengan bantuan ini, dapat membantu dan meringankan beban hidup saudara-saudara kita yang berada di Palestina," harap Nur Rahman.

Senada dengan itu, Ketua PD DMI Kolut, Dr Taufiq Sonda mengungkapkan, open donasi untuk rakyat Palestina di Kolut akan tetap dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Insyaallah DMI Kolaka Utara di bawah bimbingan pak Bupati akan tetap berjalan untuk open donasi sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Dan kita berharap kepada masyarakat agar sama-sama membantu saudara kita di Palestina," terangnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan  jika hasil open donasi yang tersalur hari ini bersumber dari Baznas Kolut sebesar Rp 30 Juta dan sisanya Rp 28,5 Juta bersumber dari masyarakat.

Sementara itu, Ketua KNRP Sultra, Sellvy Marlina mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara atas partisipasi melakukan penggalangan dana untuk masyarakat Palestina.

"Saat ini sudah ada empat daerah yang telah menyalurkan bantuannya kepada KNRP. Namun, untuk kepala daerah yang pertama menyalurkan langsung ke KNRP adalah Bapak Bupati Kolaka Utara," tukasnya.

Baca Juga: KPU Muna Kembalikan Rp 7,4 M Sisa Dana Pilkada ke Kasda

Saat ini, kata dia, dana yang masuk ke KNRP Sultra mencapai Rp 80 juta. Dana tersebut akan disalurkan ke Palestina baik dalam bentuk pengantaran langsung maupun via transfer.  

Ketua Pimpinan Daerah Wahdah Islamiah Kolut, Andi Safaruddin menjelaskan, semua bantuan dana yang masuk ke lembaga WIZ akan disalurkan langsung ke Palestina melalui lembaga WIZ pusat di Jakarta.

"Dan bukan hanya kali ini WIZ menyurkan bantuan ke Palestina tapi hampir setiap saat baik dalam bentuk dana maupun pangan," bebernya.

Selama sepekan, WIZ Kolut melakukan penggalangan dana, dimana sampai hari ini dana yang sudah terkumpul sekita Rp 40 juta termasuk di dalamnya hasil open donasi PD DMI Kolut yang diberikan hari ini. (A)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS