Sampel Soal Wawancara Ini Diklaim Bisa Muluskan Lolos PPS Pilkada

Ahmad Jaelani

Reporter

Kamis, 23 Mei 2024  /  9:04 pm

Tips agar dapat menjawab wawancara dengan mudah. Foto: Repro Istockphoto

KENDARI, TELISIK.ID - Contoh soal tes wawancara PPS Pilkada 2024 dapat dipelajari oleh peserta yang berhasil lolos hasil seleksi tertulis, para pelamar melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya yakni wawancara calon anggota PPS.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) adalah panitia yang dibentuk KPU kabupaten/kota untuk menyelenggarakan pemilu dan pemilihan di tingkat kelurahan/desa. Pembentukan PPS paling lambat enam bulan sebelum penyelenggaraan pemilu dan dibubarkan maksimal dua bulan setelah pemungutan suara selesai.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2024, tes wawancara PPS untuk Pilkada 2024 dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, diumumkan pada 24 sampai 25 Mei 2024.

Melansir cnnindonesia.com, berikut adalah contoh pertanyaan tes wawancara PPS Pilkada 2024 serta jawabannya yang dapat Anda pelajari:

1. Ceritakan mengenai diri Anda?

Contoh jawaban:

(Jelaskan secara singkat biodata Anda, mulai dari nama lengkap, riwayat pendidikan, riwayat kerja/organisasi, status pekerjaan saat ini, atau pengalaman lain yang relevan.)

Baca Juga: 5 Tips Dapat UKT Murah Bagi Mahasiswa Baru

2. Jelaskan apa saja yang Anda tahu mengenai PPS Pilkada 2024?

Jawaban:

PPS atau Panitia Pemungutan Suara adalah tim yang bertugas di tingkat desa atau kelurahan dalam penyelenggaraan Pilkada 2024. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur dan menjalankan proses pemungutan suara di TPS, termasuk merekrut dan melatih anggota KPPS, serta mendistribusikan logistik pemilu seperti surat suara dan kotak suara. PPS juga bertugas melakukan rekapitulasi suara di tingkat desa atau kelurahan sebelum diserahkan ke PPK.

3. Kapan Pilkada 2024 akan digelar?

Jawaban:

Jadwal Pilkada 2024 diatur dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2024. Pemungutan suara akan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024. Tahapan Pilkada dimulai lebih awal, yakni pada Jumat, 26 Januari 2024.

4. Apa tujuan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024?

Jawaban:  

Untuk memperkuat sistem ketatanegaraan, mewujudkan pemilu yang adil dan berintegritas, serta mewujudkan pemilu yang efektif dan efisien.

5. Siapa yang mengusulkan sekretariat PPS?

Jawaban:

PPS yang mengusulkan melalui hasil musyawarah dengan pemerintah desa dan memenuhi syarat calon yang diusulkan sesuai dengan aturan. Diusulkan ke KPU Kabupaten melalui PPK.

6. Coba sebutkan apa saja tugas dan wewenang dari anggota PPS?

Jawaban:  

Salah satu wewenang anggota PPS adalah menetapkan hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sedangkan tugas PPS mencakup merekap pengembalian surat pemberitahuan pemungutan suara dari KPPS dan menyampaikannya ke KPU Kabupaten/Kota melalui PPK.

7. Apakah anggota PPS diberi kewenangan untuk membuka kotak suara setelah disegel?

Jawaban:  

Anggota PPS tidak diberi kewenangan untuk membuka kotak suara setelah disegel karena tindakan tersebut bertentangan dengan prosedur dan prinsip transparansi serta integritas dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Sementara melansir liputan6.com, berikut adalah tambahan contoh pertanyaan tes wawancara PPS Pilkada 2024.

8. Bisa jelaskan mengapa Anda tertarik untuk menjadi anggota PPS pada Pilkada 2024?

Jawaban:  

Alasan saya mendaftar jadi PPS Pilkada 2024 karena saya tertarik untuk memberikan kontribusi dalam memastikan proses pemilu yang jujur dan adil. Saya juga ingin belajar lebih banyak terkait proses demokrasi dan berinteraksi dengan masyarakat secara langsung.

9. Apa yang Anda ketahui terkait tugas seorang anggota PPS?

Jawaban:  

Tugas utama anggota PPS adalah untuk memastikan kelancaran proses pemungutan suara dan mengorganisir proses pemungutan suaranya termasuk verifikasi daftar pemilih, menyiapkan TPS, pengawasan selama pemungutan suara, hingga pelaporan hasil pemilihan.

10. Apa yang Anda harapkan dari pengalaman menjadi anggota PPS?

Baca Juga: Panduan Klaim Saldo Dana Gratis hingga Rp 700 Ribu

Jawaban:  

Saya berharap bisa mengembangkan keterampilan manajemen serta koordinasi saya serta bisa memberikan kontribusi yang positif untuk proses pemilu yang transparan dan akuntabel.

11. Sebagai anggota PPS, apa yang Anda ketahui tentang Pilkada 2024?

Jawaban:

Pilkada merupakan pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serentak di tingkat provinsi hingga kabupaten atau kota. Terdapat pemilihan gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati.

12. Jika Anda terpilih jadi anggota PPS, sebutkan tugas apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban:

Tugas PPS sama seperti kewajibannya yaitu membantu Ketua PPS untuk melaksanakan tugas dan melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan serta memberikan pendapat serta saran kepada Ketua PPS sebagai bahan pertimbangan. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS