Sebanyak 3.335 Mahasiswa UHO Kendari Diwisuda

Nur Fauzia

Reporter

Senin, 05 Agustus 2024  /  2:29 pm

Sebanyak 3335 mahasiswa UHO Kendari diwisuda periode April-Juli tahun 2024. Foto: Nur Fauzia/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar wisuda periode April-Juli 2024 dengan jumlah wisudawan sebanyak 3.335 orang, Senin (5/8/2024).

Ketua Senat UHO Kendari, Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si menyampaikan, periode wisuda kali ini akan digelar selama dua hari. Hari pertama sebanyak 1.721 wisudawan dan di hari kedua sebanyak 1.614 wisudawan.

Aminuddin menjelaskan bahwa wisuda ini merupakan wisuda program doktor ke-40, magister ke-69, profesi dokter ke-37, PPG ke-14, dan sarjana ke-102.

Wisudawan pascasarjana sebanyak 185 orang, FKIP sebanyak 639 orang, Fakultas MIPA sebanyak 257 orang, Fakultas Farmasi 94 orang, FPIK 78 orang, Fakultas Hukum 178 orang, Fakultas Kesmas 135 orang, Fakultas Peternakan 107 orang, dan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan sebanyak 48 orang.

Rektor UHO Kendari, Prof. Muhammad Zamrun, mengingatkan kepada para wisudawan agar tidak berhenti untuk belajar karena wisuda bukanlah akhir untuk belajar, namun ilmu yang didapatkan dipergunakan untuk kemaslahatan umat dalam menyelesaikan permasalahan yang semakin kompleks ke depan.

Baca Juga: UHO Kendari jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional SPI PTN 2024, Dihadiri Irjen Kemendikbudristek

Zamrun berpesan agar wisudawan dapat menggunakan ilmu yang didapat sebagai bekal dalam berkompetisi di dunia kerja dan menghadapi perubahan dunia yang begitu cepat.

"Belajar merupakan peristiwa mental, proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon tapi lebih dari itu. Belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan ketulusan hati untuk diniatkan membantu sesama," ujarnya.

Zamrun juga mengingatkan kepada para wisudawan agar mendukung program Tracer Study Alumni UHO melalui pengisian data di laman tracer.uho.ac.id. Tracer study dijadikan sebagai salah satu indikator kinerja PT, oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kata dia, Tracer Study ditujukan untuk melacak jejak alumni yang dilakukan 2 tahun setelah kelulusan. Hasil Tracer Study akan membantu UHO dalam mengetahui lulusan yang terserap di dunia kerja serta menyiapkan kompetensi lulusan sesuai dengan yang diperlukan di dunia kerja.

Baca Juga: Wujudkan PTN Berkualitas, UHO Kendari Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Sementara itu wisudawan terbaik, Al Amin dari FKIP, Program Studi Pendidikan Matematika yang lulus dengan IPK 3,95 menyampaikan, jika memiliki mimpi dan tujuan, tidak peduli seberapa besar atau kecil apa mimpi tersebut, yakinlah bahwa dengan kerja keras dan ketekunan mimpi tersebut dapat dicapai.

Amin menambahkan, ia sangat bersyukur karena ia dan teman-temannya yang diwisuda hari ini merupakan orang yang beruntung karena bisa mendapatkan pendidikan. Masih banyak orang di luar sana yang ingin melanjutkan pendidikan namun karena kendala dan lain sebagainya, memaksa mereka untuk meninggalkan bangku pendidikan.

"Saya pribadi sangat mengagumi mereka yang merelakan sebagian waktunya untuk bekerja agar tetap melanjutkan pendidikan dan mewujudkan impian besar mereka, oleh karena itu mari kita pergunakan ilmu yang kita miliki untuk berkontribusi bagi masyarakat dan negara mari kita menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar kita" pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS