Tak Terpengaruh Hari Raya Idul Fitri, Harga Cabai di Ruteng NTT Melambung

Berto Davids

Reporter Kupang

Sabtu, 08 Mei 2021  /  6:51 am

Harga cabai di Pasar Inpres Ruteng melambung. Foto: Ist.

MANGGARAI, TELISIK.ID - Harga cabai merah dan cabe putih/kuning di Pasar Inpres Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, naik.

Melambungnya harga dua jenis cabai itu rupanya bukan karena meningkatnya konsumsi masyarakat di bulan Ramadan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pantauan Telisik.id di Pasar Inpres Ruteng, Jumat (7/5/2021), dua jenis bumbu utama itu masih dijual. Namun tidak semua lapak menjualnya.

Seorang pedagang, Ani kepada Telisik.id mengatakan, harga cabai merah kecil sekarang mencapai Rp 80.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 50.000 per kilogramnya dan harga cabai putih/kuning sudah di atas Rp 70.000 per kilogramnya.

Baca juga: Bupati Manggarai NTT Resmi Larang ASN Mudik Lebaran

Baca juga: Petani di Bombana Hilang Terseret Arus Sungai

“Harga sangat tinggi belakangan ini dibandingkan bulan-bulan yang lalu. Harga tinggi karena kesulitan mendapatkan stok baik dari petani maupun dari tempat lain seperti biasanya,” kata dia.

Dikatakan Ani, tingginya harga dua jenis cabai bukan karena bulan puasa Ramadan atau mendekati Idul Fitri, tetapi naiknya harga itu sudah berlangsung lama. Naiknya harga akibat dari pasokan yang berkurang jauh belakangan ini.

Menurutnya, cabai merah kecil dan cabai putih/kuning yang ada sekarang ini berasal dari petani di Manggarai sendiri. Sedangkan yang berasal dari luar daerah atau pulau sepertinya tidak ada lagi.

"Hal ini mungkin terjadi karena bencana alam baik cuaca ekstrem hingga terganggunya lalu lintas laut beberapa waktu belakangan ini," ujarnya. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

TOPICS