Tokoh Masyarakat Konawe Selatan Dukung LA-IDA di Pilgub Sultra

Erni Yanti

Reporter

Minggu, 22 September 2024  /  12:38 pm

Kegiatan pertemuan keluarga besar Konawe Selatan dan Mokole (Raja) Konawe. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Tokoh masyarakat Konawe Selatan mendukung bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas-La Ode Ida di Pilgub Sultra.

Dukungan tersebut disampaikan saat kegiatan mepokoaso, medulu, dan meronga-ronga untuk memilih pemimpin yang amanah di Hotel Kubah 9, Jumat (20/9/2024).

Mepokoaso, medulu, dan meronga-ronga sendiri berasal dari bahasa Tolaki, yang artinya adalah bersatu, berkumpul, dan bersama-sama. Dalam gelaran tersebut, berbagai tokoh masyarakat hadir untuk menyatukan hati masyarakat Konawe Selatan dalam mendukung Lukman Abunawas dan La Ode Ida sebagai gubernur dan wakil gubernur 2025 mendatang.

Salah satu tokoh yang hadir adalah mantan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Yusran Silondae. la mengatakan, dirinya salut dengan pasangan Lukaman Abunawas dan La Ode Ida setelah melihat gagasan visi misi dan program kerja mereka.

Menurutnya, program yang digagas LA-IDA merupakan program yang di dalamnya merupakan peningkatan- peningkatan yang sudah dicapai oleh pemimpin sebelumnya. Lukman Abunawas dan La Ode Ida mempunyai program kerja yang lebih komprehensif untuk menyempurnakan program pemerintah yang sudah ada.

Baca Juga: Tokoh Adat dari Berbagai Suku Dukung LA-IDA di Pilgub Sultra

Tak hanya komprehensif, program tersebut juga ia nilai sebagai program yang dapat dinikmati manfaatnya oleh semua kalangan masyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua Lembaga Adat Tolaki, Masyhur Masie Abunawas, menyerukan seluruh masyarakat untuk menyatukan tekad dalam menyukseskan Lukman Abunawas menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara yang akan datang.

la mengatakan, dari 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan maju dalam Pilgub Sulawesi Tenggara mendatang, 3 di antaranya adalah berasal dari suku Tolaki. Tetapi dirinya sebagai ketua LAT, mempunyai keahlian di lembaga adat untuk melihat siapa kira-kira yang patut menjadi pemimpin Sultra.

Sehingga dengan pertemuan sore itu, ia meminta seluruh masyarakat untuk bertekad dan sepakat bahwa Lukman Abunawas adalah sosok yang layak menjadi Gubernur Sultra selanjutnya.

Hal yang sama juga dikatakan salah satu tokoh masyarakat, Rifai Lamuse. la mengimbau untuk masyarakat yang hadir dalam acara tersebut ikut memperjuangkan Lukman Abunawas sebagai gubernur dengan cara memperkenalkan ketokohan dan visi misinya di seluruh pelosok desa.

Lukman Abunawas di tempat yang sama menyampaikan apresiasi atau dukungan yang telah diberikan kepadanya. Ia juga memberikan 3 alasan mengapa masyarakat harus memilihnya dalam perhelatan demokrasi mendatang.

Baca Juga: Usai Deklarasi, Tim LA-IDA Langsung Bersihkan Sampah

Alasan pertama, Lukman Abunawas dan La Ode Ida merupakan sosok pemimpin yang berpengalaman dalam hal birokrasi dan pemerintahan. Keduanya sudah paham betul tentang bagaimana sisi kerja birokrasi dan mengambil kebijakan yang tepat untuk daerah.

Alasan berikutnya adalah Lukman Abunawas dan La Ode Ida juga sosok yang berakhlak baik dan agamis. Hal ini dibuktikan dengan Lukman Abunawas yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia Sulawesi Tenggara dan Ketua Ikatan Persatuan Haji Sulawesi Tenggara.

Alasan ketiga, namun bukan yang terakhir, adalah pasangan LA-IDA merupakan pasangan pemimpin yang mau bersilaturahmi, membantu, dan mendengarkan keluh kesah masyarakat bawah. Mereka mengerti betul apa yang dialami dan apa yang menjadi masalah dalam sebuah daerah, mulai dari masalah infrastruktur, sarana prasarana, jalan, hingga kekurangan air bersih. (A-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS