Unik, Tim Dompet Dhuafa Berbagi Hewan Kurban di Muna Barat Gunakan Daun Jati

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Selasa, 18 Juni 2024  /  2:52 pm

Tim Dompet Dhuafa berbagi hewan kurban di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Muna Barat berbagi bersama Dompet Dhuafa, tujuh ekor sapi kurban disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dan uniknya, dibagikan menggunakan daun jati.

Dalam pelaksanaan kurban hari kedua, tim Dompet Dhuafa dari Jakarta menyambangi Desa Lagadi, Kecamatan Lawa, Selasa (18/6/2024).

Masyarakat tampak antusias menyambut tim Dompet Dhuafa dengan menggelar perkelahian kuda, dan setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan sapi.

Setelah pemotongan sapi, warga sekitar menerima pembagian hewan kurban bukan dibungkus dengan kantong plastik, tetapi dengan daun jati khas seperti masa lalu, dan daging yang telah disiapkan langsung diolah atau dimasak oleh La Ode Rahman Saiful atau kerap di sapa La Ode Master Chef.

Salah satu dari tim Dompet Dhuafa pusat, Ika Atiqah mengatakan, pihaknya menyasar desa terluar untuk menyalurkan hewan kurban, sehingga pihaknya memilih Muna Barat tepatnya di Desa Lagadi, Kecamatan Lawa.

Baca Juga: Bacalon Gubernur Lukman Abunawas Rayakan Idul Adha dengan Berkurban 11 Ekor Sapi

"Hewan kurban yang disalurkan berjumlah 7 ekor dari tim Dhuafa," ujarnya.

Selanjutnya, Lurah Wamelai, Ali Ode Pua mengaku selalu bersedia untuk memfasilitasi tim Dompet Dhuafa dalam menyalurkan hewan kurban. Untuk itu, ia bersama warga menyambut dengan antusias tim Dhuafa.

"Di sini gotong royong kami masih kental, jadi jangan heran banyak masyarakat yang antusias dan mengapresiasi kedatangan Dompet Dhuafa," ujarnya.

Ia menambahkan, warga yang akan diberikan hewan kurban menggunakan daun jati dikarenakan untuk mengenang zaman dahulu, selain karena lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Masjid Raya Al-Kautsar Kurban 13 Ekor Sapi untuk Jemaah dan Warga Kendari

Warga sekitar juga turut mengapresiasi sebab bukan hanya kalangan dewasa yang diberikan hewan kurban tetapi juga anak-anak dengan beberapa permainan dan pengetahuan terkait indahnya berbagi.

"Kedatangan tim Dhuafa di tempat kami ini sangat berkah," pungkas salah satu warga, Wa Sasa.

Untuk diketahui, tebar hewan kurban 1445 H melalui Dompet Dhuafa berjumlah tujuh ekor dari Marrefni binti Gazali, Almh Djusna binti Ibrahim, Alm Gazali bin Saleh, Almh Maryam binti Fulan, Almh Zuleha binti Fulan, dan Alm Ibrahim bin Fulan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS