Viral, Ikan Paus Tewas Terdampar di Pantai Nias Selatan

Ones Lawolo

Reporter Medan

Kamis, 28 Januari 2021  /  4:01 pm

Ikan Paus yang dipotong-potong warga di pesisir pantas Nias Selatan. Foto: Repro Facebook.

MEDAN, TELISIK.ID - Video seekor ikan paus diunggah di media sosial (Medsos) facebook atas nama akun Fadlin. Dalam video itu warga memotong-motong daging ikan pausnya yang diduga untuk dikonsumsi.

Ikan paus yang diunggah tersebut tewas terdampar di pesisir pantai Desa Hilindasoniha, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut).

Video yang menjadi viral di medsos facebook itu diunggah pada Rabu 27 Januari 2021 dan dibagikan ke group Prof Yasonna H Laoly.

Sampai pada Kamis (28/1/2021) video tersebut sudah ditonton sebanyak 2.221 kali, komentar 123 dan dibagikan sebanyak 106 kali dengan durasi video 12 menit 28 detik.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, dalam video tersebut puluhan warga mendekati melihat ikan paus yang sangat besar dengan diperkirakan panjang berkisar 10 meter, beratnya sekira 50 Kg.

Beberapa pria terlihat memotong-motong daging ikan paus tersebut hingga mengeluarkan darah dari dagingnya. Ikan paus itu, telah dibelah dua, sebelah ekor diangkut ke rumah, dan sebelah kepala dipotong-potong warga.

Belum diketahui ikan paus tersebut berjenis apa. Namun terlihat di kolom komentar netizen berharap agar ikan paus itu jangan dipotong.

"Ikan itu jangan disakiti, kembalikan saja ke laut," tulis akun F.A Ronal Laoli di kolom komentar.

Baca juga: Muna Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Jambore Inovasi Pertanian

"Jangan dipotong itu woi, kasihan," tulis akun Yufentus Halawa dalam komentarnya.

Selain itu, akun facebook milik Dedy juga membagikan video yang sama. Dia membagikan video ikan paus itu ke group Forum Pulau Nias (FPN).

Baru-baru ini dibagikan sekitar dua jam yang lalu, sudah ditonton sebanyak 321 kali, 184 komentar dan dibagikan sebanyak 12 kali..

Netizen pun ramai memberikan komentarnya, salah satunya akun Putra Nak Rantau.

"Tak perlu munafik. Saya sendiri kalau ada, pasti saya masak, trus di makan, pasti enakkkk," tulis akun Putra Nak Rantau.

"Bagaimana tindakan pemerintah setempat terkait hal itu," tulis Feriyusman Daw di kolom komentar.

Dan masih banyak komentar-komentar netizen pada video ikan paus yang terdampar di pesisir pantai Desa Hilindasoniha, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut). (C)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS