Jalan Rusak Parah Depan Bandara Sugi Manuru Muna Barat Tak Kunjung Diperbaiki

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
Jalan Rusak Parah Depan Bandara Sugi Manuru Muna Barat Tak Kunjung Diperbaiki
Jalan rusak parah dan memprihatinkan di depan Bandara Sugi Manuru, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara tak kunjung ada perbaikan dan perhatian pemerintah. Foto: Ist.

" Warga Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara mengeluhkan akses jalan menuju Bandara Sugimanuru yang rusak parah dan memprihatinkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara mengeluhkan akses jalan menuju Bandara Sugimanuru yang rusak parah dan memprihatinkan.

Belum ada perbaikan dan perhatian secara serius sehingga masyarakat setempat menilai pemerintah terkesan tutup mata.

Salah seorang pemuda dari Kecamatan Kusambi, Adil menerangkan dari sekian banyaknya jalan menuju akses bandara yang ada di Sulawesi Tenggara, satu-satunya jalan yang rusak berada di Desa Kusambi atau tepatnya di depan Bndara Sugimanuru.

Baca Juga: Potret Jalan Rusak dan Tumpukan Sampah Sekitar Asrama Haji Kendari

Ia mengatakan, kawasan jalan di area Bandara Sugimanuru berada di bawah naungan Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat, namun hingga saat ini kondisinya memprihatinkan dan luput dari perbaikan, padahal itu salah satu akses jalan yang sering dilalui masyarakat menuju Kabupaten Muna.

"Jalan itu kan setiap kali hujan selalu tergenang dan cukup dalam. Itu bisa sangat membahayakan pengendara yang melintas di area tersebut apa lagi di malam hari," katanya, Sabtu (6/5/2023).

Dari pengamatan dia, ada sekitar 2 kilometer jalan yang ada di lokasi itu kondisinya rusak dan berlubang.

Seharusnya, jalan tersebut bisa menjadi salah satu prioritas dan paling diutamakan untuk dilakukan perbaikan, pasalnya menjadi akses menuju jalur udara atau penerbangan.

“Jalan itu kan salah satu infratruktur terpenting untuk masyarakat, apa lagi dalam mendistribusikan hasil produksi tentu sangat membutuhkan akses jalan yang mulus untuk kelancaran ekonomi," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah daerah termasuk instansi terkait agar tidak tutup mata dan bisa memperjuangkan perbaikan akses jalan yang rusak guna kenyamanan masyarakat ketika berkendara.

Warga yang lain, Arlan yang belum mengetahui kondisi jalan yang ada di depan Bandara Sugi Manuru namun melintas di lokasi itu, harus menanggung akibat. Kata dia, pengendara kerap kali mengalami kecelakaan bahkan menelan korban jiwa.

"Biasanya kan kalau orang yang melintas di situ, orang dari luar daerah sering sekali kecelakaan. Sehingga merasa penting untuk segera diatasi permasalahan tersebut," tegasnya.

Sementara salah satu tokoh pemuda Desa Sidamangura, Obing mengatakan, kondisi jalan di area Bandara Sugimanuru memang mengalami kerusakan dan membuat pengendara harus serba hati-hati saat melintas. Jika tidak, insiden kecelakaan bisa saja terjadi apa lagi di malam hari, tentunya bisa membahayakan masyarakat.

Baca Juga: Bertahun-tahun Nikmati Jalan Rusak Sekitar Asrama Haji, Warga Kendari Minta Pemerintah Tak Diam

Olehnya itu, ia akan berkonsultasi dengan instansi terkait dan akan mengusulkan perbaikan jalan agar segera ada perbaikan.

"Kami akan suarakan jalan rusak tersebut, jangan lagi hanya dijadikan sarana pencitraan untuk para elit politik, agar bisa merebut simpati publik," tegasnya.

Ia berharap, pemuda dan masyarakat bisa bersatu mengawal setiap kebijakan pemerintah daerah, khususnya dalam sektor penataan infrastruktur jalan. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga