Wajib Catat, Ini 4 Tips Penting dalam Memilih Obat Batuk Anak

Fitrah Nugraha

Reporter

Senin, 07 November 2022  /  5:36 pm

Orang tua dalam memberikan obat batuk pada anak harus memperhatikan hal tertentu, agar bisa tepat sasaran dalam meredakan batuk. Foto: Repro iStockphoto

KENDARI, TELISIK.ID – Batuk yang menyerang saat pergantian musim atau pancaroba, tidak hanya dialami bagi orang dewasa. Namun batuk juga menyerang anak-anak sehingga dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Dikutip dari alodokter.com, batuk merupakan respons alami tubuh untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan agar tidak masuk ke saluran napas bawah. Batuk juga dapat menandakan kondisi lain, mulai dari asma sampai kanker paru-paru.

Tenggorokan dan paru-paru menghasilkan sedikit lendir atau dahak untuk menjaga kelembapan pada jalan napas. Batuk yang terjadi sesekali tergolong normal, karena membantu menggerakkan dahak yang bertugas menjaga saluran napas agar tetap lembap.

Ketika anak batuk dapat diatasi dengan cara alami atau memberikan obat medis. Hanya saja, perlu diketahui bahwa tidak semua obat batuk yang dijual di apotik bisa digunakan oleh anak. Mengingat obat batuk juga banyak jenisnya, untuk mengatasi berbagai jenis batuk.

Baca Juga: 4 Jenis Obat Ini Bisa Jadi Pilihan Pereda Nyeri Otot

Melansir dari halodoc.com, berikut beberapa tips penting yang harus diketahui orang tua Ketika akan memberikan anak obat batuk medis:

1. Pilihlah Obat Batuk Khusus Anak

Meski punya kandungan yang sama, obat batuk anak dan orang dewasa berbeda dari segi dosis. Jadi, sebaiknya pilihlah hanya obat batuk khusus anak, untuk menghindari risiko efek samping berbahaya jika diberikan obat untuk dewasa.

2. Obat Batuk Anak Harus yang Sirup

Anak-anak umumnya kesulitan menelan obat berbentuk pil, tablet, atau puye. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah obat batuk anak yang berbentuk sirup, agar lebih mudah ditelan.

Selain mudah ditelan, obat batuk anak yang berbentuk sirup biasanya diberi tambahan rasa buah yang manis. Obat seperti ini dapat membantu anak yang susah minum obat karena tidak suka rasa pahitnya. Namun, ibu harus berhati-hati dalam memilih obat sirup untuk anak untuk mencegah terjadinya penambahan kasus gagal ginjal akut pada anak.

Terkait larangan obat cair, suspensi, obat tetes, hingga larutan oral yang tengah dilakukan BPOM, ibu bisa memastikan pemberian beberapa jenis obat yang aman untuk anak di sini.

Baca Juga: Sedang Bad Mood? Ini 7 Makanan Bisa Memperbaiki Suasana Hati

3. Pilih Obat Batuk Anak yang Punya Efek Kantuk

Saat sedang batuk, anak perlu istirahat yang cukup agar cepat sembuh. Oleh karena itu, ibu sebaiknya pilih obat batuk anak yang punya efek samping kantuk. Jadi, setelah minum obat, Si Kecil bisa istirahat dengan baik, agar proses penyembuhan bisa berlangsung cepat.

4. Ikuti Petunjuk pada Kemasan Obat

Di setiap kemasan obat batuk anak, biasanya ada petunjuk penggunaan, dosis yang disarankan, dan sendok takar. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan, dosis, dan gunakan sendok takar yang tersedia, agar obat dapat bekerja optimal.

Nah, itulah beberapa tips yang wajib diketahui setiap orang tua ketika akan memberikan anak obat batuk medis. Namun, jika batuk yang dialami anak disertai dengan demam tinggi, sesak napas, nyeri dada, tidak mau makan, muntah-muntah, atau tak kunjung sembuh hingga lebih dari 2 minggu, segera bawa anak ke rumah sakit terdekat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS