Warga Keluhkan Jalan Rusak di Pelabuhan Perikanan Numana Wakatobi

Wa Ode Hesti

Reporter Wakatobi

Jumat, 11 Oktober 2024  /  2:24 pm

Jalan di Pelabuhan Perikanan Numana mengalami kerusakan. Foto: Wa Ode Hesti/Telisik

WAKATOBI, TELISIK.ID - Warga Wakatobi mengeluhkan jalan di Pelabuhan Perikanan, Desa Numana, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pelabuhan Perikanan merupakan tempat sandar atau berlabuhnya kapal. Pelabuhan ini digunakan oleh beberapa kapal penumpang di Wakatobi untuk berlabuh seperti kapal Nurizki rute Wanci-Kaledupa. Selain itu pelabuhan ini juga dimultifungsikan sebagai salah satu titik perdagangan atau bongkar ikan kemudian jalan alternatif bagi warga yang mau mencari ikan di laut ketika sedang surut.

Jalan di Pelabuhan Perikanan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut dapat dilihat dengan banyaknya lubang pada jalan tidak beraspal itu.

"Lubang-lubang besar pada jalan sangat mengganggu aktivitas warga dan hanya membuat perjalanan semakin sulit," ujar tukang ojek, Wardi, Jumat (11/10/2024).

Baca Juga: Masyarakat Sukanayo di Pulau Makasar Ramai-Ramai Perbaiki Jalan Rusak dengan Dana Pribadi

Dampak dari kerusakan jalan ini sangat berpengaruh juga pada pedagang di pelabuhan. Banyak dagangan mereka seperti roti, kue kering, dan biskuit hancur karena goncangan saat melewati jalan berlubang.

"Kue-kue kering yang saya simpan satu tempat kemudian saya bawa ke pelabuhan kadang banyak yang hancur gara-gara lewat jalan yang banyak lobangnya," ujar pedagang di pelabuhan, Suri, Jumat (11/10/2024).

Baca Juga: Warga Perumahan Afika Residence Kendari Keluhkan Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki

Kemudian di saat musim kemarau banyak debu yang berterbangan karena jalan tidak diaspal, dan kalau musim hujan banyak air yang menggenang di lubang-lubang besar jalanan itu.

"Saya berharap pemerintah segera menindaklanjuti dan memperbaiki jalan tersebut," kata seorang warga, Jasi. (A)

Penulis: Wa Ode Hesti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS