MTQ Konsel Ajang Pencarian Bakat Hafidz Lokal

Ashar Hamka, telisik indonesia
Selasa, 12 April 2022
0 dilihat
MTQ Konsel Ajang Pencarian Bakat Hafidz Lokal
Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabup2aten, Pemda Konsel, mulai membenah diri untuk fokus pencarian bakat bagi warga lokal untuk bersaing. Foto: Ist

" Kesempatan terbuka lebar bagi para penghafal Al-quran Hafidz dan Hafidzah lokal warga Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) guna bersaing dalam pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kesempatan terbuka lebar bagi para penghafal Al-quran Hafidz dan Hafidzah lokal warga Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) guna bersaing dalam pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten, yang direncanakan bakal digelar Mei mendatang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), Hamlin S Ode menuturkan dalam ajang tahunan kali ini, pihaknya fokus memprioritaskan anak-anak lokal sebagai peserta lomba. Langkah itu diambil, untuk menyeleksi para qari-qariah yang berpertasi yang nantinya bakal mewakili Konsel ke ajang MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

“Insya Allah, kegiatan MTQ tahun ini akan  dilaksanakan. Karena, MTQ ini, tujuannya untuk menjaring peserta yang akan mewakili Konsel di ajang MTQ tingkat provinsi dan nasional. Maka, kami inginkan anak Konsel yang jadi peserta,” katanya, Selasa (12/4/2022).

Ia mengaku, jika selama ini masih ada peserta yang diimpor dari luar daerah untuk membawa nama Konsel bertanding di MTQ tingkat provinsi maupun Nasional.

"Setelah berhasil mereka pulang membawa prestasi, tetapi tidak membekas, sebab mereka bukan asli Konsel," ujarnya lagi.

Baca Juga: Gelar MTQ IX, Jadi Ajang Pencarian Bibit Wakili Bombana di Tingkat Provinsi

Karena jadwal pelaksanaan sisa menghitung bulan lagi, maka kata Hamlin, pihaknya bersegera meminta pada Kantor Urusan Agama (KUA) Konsel dan para pimpinan pondok pesantren yang ada di Konsel untuk bekerja sama dalam menjaring para peserta berprestasi yang akan diutus dalam lomba.

“Pembukaan MTQ rencananya dilaksanakan setelah lebaran idul fitri. Di gedung Islamic Center Andoolo. Pesertanya diikuti perwakilan dari 25 kecamatan dan pondok pesantren yang memenuhi kriteria,” ungkap Hamlin.

Baca Juga: Tiga Pondok Pesantren Terima Bansos di Pembukaan MTQ Koltim

Nantinya, peserta yang berprestasi menjadi juara dalam setiap ajang yang diperlombakan bakal diberi reward sebagai penghargaan. Lalu selanjutnya, peserta bakal diseleksi kembali secara ketat oleh para petugas KUA dan tim juri.

Terakhir setelah didapatkan, calon peserta, dikarantina atau Traning Center (TC). Untuk dinyatakan layak mewakili daerah Konsel dalam 30 cabang yang akan diperlombakan di MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

"Nantinya, para peserta juara diberi reward dalam bentuk tiket perjalanan umrah," janji Hamlin. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga