1 Muharam Bulan Suro, Momen Bagi Etnis Jawa Jalin Silaturahmi

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
1 Muharam Bulan Suro, Momen Bagi Etnis Jawa Jalin Silaturahmi
Pengurus FKWJ Nusantara Sumatera Utara yang akan berangkat ke Jogjakarta dalam kegiatan Bulan Suro bersama Dirbinmas. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ) Nusantara, Sumatera Utara, berangkat ke Jogjakarta di malam 1 Muharram 1445 Hijriah untuk menjalin silaturahmi dengan etnis Jawa dan etnis lainnya "

MEDAN, TELISIK.ID - Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ) Nusantara, Sumatera Utara berangkat ke Jogjakarta di malam 1 Muharram 1445 Hijriah atau Selasa (18/7/2023) malam, sebagai bentuk silaturahmi sesama etnis Jawa dan etnis lainnya.

"Jadi, 1 Muharram disebut sebagai Bulan Suro bagi warga Jawa. Jadi bulan ini adalah bulan untuk meningkatkan silaturahmi budaya dan adat istiadat. Setiap tahunnya FKWJ Nusantara Sumatera Utara insyaAllah selalu melakukan kunjungan ke Jogjakarta," tutur Ketua DPW FKWJ Nusantara Sumatera Utara, Djamin Sumitro.

Informasi yang dihimpun, untuk FKWJ Nusantara yang ada di Provinsi Sumatera Utara berjumlah ribuan pengurus dan anggota. Namun yang melakukan kegiatan kunjungan ke Jogjakarta sebanyak 13 orang.

"Mudah-mudahan kegiatan silaturahmi terus terjalin antara etnis Jawa dan etnis yang lainnnya," terangnya.

Baca Juga: Makna dan Sejarah Penetapan Tahun Baru Islam

Terpisah, Direktur Binmas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Muslim Siregar, mendoakan agar seluruh pengurus FKWJ Nusantara yang berangkat ke Jogjakarta bisa sampai tujuan dengan selamat.

"Jadi kan 1 Muharam dalam agama Islam dan Bulan Suro ini menjadi ajang silaturahmi bagi pengurus dan anggota FKWJ Nusantara yang berangkat ke Jogjakarta," tuturnya.

Baca Juga: Tahun Baru Islam, 4 Amalan Sunnah di Bulan Muharram

Selain itu, Dirbinmas juga berharap agar FKWJ Nusantara se-Sumatera Utara bersama dengan Polri tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Mari kita bersama-sama menjaga Kamtibmas. Semoga pengurus FKWJ Nusantara sampai kembali ke Medan dengan selamat," harapnya.

Sementara itu, untuk memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam, umat Islam yang ada di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, menggelar pawai obor dan shalawatan. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga