10 Alasan Kenapa Harus Rutin Bangun Pagi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 07 Mei 2022
0 dilihat
10 Alasan Kenapa Harus Rutin Bangun Pagi
Bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Foto: Repro fizkes

" Banyak orang hebat yang memiliki kebiasaan bangun pagi dan menjadikannya sebagai kunci kesuksesan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu anjuran yang dilakukan saat mengawali hari adalah bangun tidur lebih pagi.

Memang sebagian orang merasa cukup sulit untuk bangun pagi. Tetapi harus diketahui bahwa kebiasaan ini amat baik untuk kesehatan mental.

Mengutip cnnindonesia.com, banyak orang hebat yang mengaku memiliki kebiasaan bangun pagi dan menjadikannya sebagai kunci kesuksesan mereka.

Misalnya saja CEO Apple Tim Cook yang rajin bangun pukul 3.45 pagi, atau Oprah Winfrey dan Michelle Obama yang banyak diketahui acap bangun sebelum matahari terbit.

Melansir CNBC Make It, penulis buku My Morning Routine: How Successful People Start Every Day Inspired Benjamin Spall menguak rahasia sukses para tokoh terkenal.

Hampir semua dari mereka memang punya kebiasaan bangun pagi sebelum pukul 6.

Hal ini tentu bukanlah sesuatu kebetulan. Bangun pagi terbukti memberikan beragam manfaat, antara lain meningkatkan fokus serta membuat hidup lebih teratur.

Melansir Klikdokter.com, berikut ini adalah beberapa alasan yang menjadi manfaat dari bangun pagi:

1. Dapat mempersiapkan hari dengan lebih seksama

Dengan bangun pagi, Anda tidak perlu tergesa-gesa memulai hari karena khawatir terlambat sampai di sekolah atau lokasi bekerja. 

Selain itu, bangun pagi juga meminimalkan risiko melupakan hal-hal yang penting akibat terlalu terburu-buru.

2. Sempat sarapan dan olahraga

Sebisa mungkin, jangan lupakan sarapan sebelum beraktivitas. Bangun lebih pagi memungkinkan Anda untuk sarapan dengan santai serta mengonsumsi menu yang lebih terencana.

Baca Juga: Makanan Sehat Khas Indonesia yang Bisa Dijadikan Menu Halal bi Halal

Dengan bangun lebih pagi, Anda juga dapat menyempatkan diri untuk olahraga sebagai pemanasan sebelum mulai beraktivitas.

3. Lebih produktif

Bangun pagi akan membuat Anda menjadi lebih produktif karena memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan.

Anda mungkin hanya bisa menyelesaikan tiga jenis pekerjaan dan harus membawanya pulang. Dengan memulai aktivitas lebih awal, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

4. Lebih berenergi

Bangun pagi tak hanya membuat hari Anda terasa produktif, namun juga membantu Anda lebih berenergi. 

Alhasil, Anda pun bisa menjalani hari dengan produktif. Dengan produktif dan mendapat pencapaian yang positif, Anda pun akan terhindar dari rasa cemas dan stres.

5. Suasana hati lebih baik

Seseorang yang bangun pagi biasanya memiliki pikiran yang lebih positif dibandingkan dengan orang-orang yang suka begadang. Bangun lebih awal membantu Anda lebih optimis, teliti, dan menjalani hari dengan tenang dan lebih bahagia. 

Jika Anda terbiasa bangun pagi, risiko terjadinya masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan bisa menurun.

6. Mengurangi stres

Bangun pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental Anda. Salah satunya terhindar dari stres yang berlebihan, sehingga Anda pun jauh lebih bahagia. 

Bangun lebih awal artinya Anda dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan lebih awal tanpa tekanan. Anda pun dapat ke kantor tanpa terburu-buru dan takut akan macet.

7. Meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi

Manfaat bangun pagi yang tak terduga adalah membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif Anda. 

Baca Juga: Ternyata Beberapa Makanan Ini Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Pasutri Perlu Tahu

Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan hubungan antara orang yang bangun lebih awal dan kesuksesan. Diduga orang-orang yang bangun lebih awal memiliki tujuan, proaktif, serta memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik. 

8. Menumbuhkan self love

Jika Anda sudah memiliki anak, bangun lebih pagi bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersantai sejenak. Ini bisa menjadi bentuk tanda mencintai diri sendiri atau self love yang sangat baik untuk kesehatan mental Anda.

Anda bisa menikmati pagi dengan menyeduh teh sembari membaca buku. Atau, sekadar sarapan roti kesukaan dengan santai sebelum mempersiapkan kebutuhan keluarga Anda. 

9. Kualitas tidur lebih baik

Seseorang yang terbiasa dengan bangun pagi maka akan memiliki kecenderungan jam tidur yang lebih awal dan teratur. Dengan begitu, orang tersebut memiliki tidur yang berkualitas. 

Adapun memiliki tidur yang cukup dan berkualitas membantu menjaga mood Anda lebih baik, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta menurunkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kesehatan mental.

10. Daya tahan tubuh terjaga 

Jika Anda rutin bangun lebih awal, bermanfaat bagi kesehatan yaitu terjaganya daya tahan tubuh Anda. 

Pasalnya, dengan bangun pagi Anda pun memiliki waktu lebih untuk memulai olahraga, aktivitas fisik yang baik sebagai perawatan kesehatan mental. 

Selain itu, Anda juga memiliki waktu tidur yang cukup untuk beristirahat dan terhindar dari insomnia. Dengan kondisi mental yang sehat, daya tahan tubuh pun akan ikut terjaga. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga