Catat, 5 Tips Puasa Bagi Pengidap Asam Lambung

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 14 Maret 2024
0 dilihat
Catat, 5 Tips Puasa Bagi Pengidap Asam Lambung
Asam lambung seringkali melanda seseorang, termasuk saat menjalani ibadah puasa. Foto: Repro Freepik/dwiputras

" Baik itu ketika sahur maupun berbuka, baiknya memilih makanan yang mudah dicerna, seperti nasi dan oatmeal "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi pengidap asam lambung, menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, penyakit asam lambung merupakan kondisi yang ditandai dengan rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa atau anak-anak.

Penyakit ini seringkali menjadi tantangan tersendiri saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Maka penting untuk mengetahui apa saja yang baiknya dilakukan saat berbuka puasa.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan bagi pengidap asam lambung agar tetap nyaman ketika berpuasa:

Baca Juga: 3 Fase Demam Berdarah pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

1. Berikan jarak antar waktu makan

Konsumsi makanan ketika sedang berpuasa hanya diperbolehkan ketika sahur dan berbuka. Oleh karena itu, pastikan kamu mengatur waktu makan dengan baik untuk memberikan waktu pada lambung mencerna makanan selama belum masuk waktu berpuasa. Hindari pula kebiasaan makan di tengah malam.

2. Memilih makanan dengan bijak

Baik itu ketika sahur maupun berbuka, baiknya memilih makanan yang mudah dicerna, seperti nasi dan oatmeal. Disarankan pula jenis makanan yang mengandung karbohidrat lain karena karbohidrat dapat menyerap asam. Dengan demikian, makanan tersebut pun dapat mengurangi risiko munculnya keluhan maag.

Selain mengonsumsi karbohidrat, kamu juga dapat meminum obat asam lambung ketika sahur dan berbuka puasa.

3. Makan dengan perlahan

Saat hendak berbuka puasa atau makan disarankan hindari makan ataupun minum dengan tergesa-gesa. Hal ini disebabkan karena lambung memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengunyah makanan dengan baik agar lambung tidak perlu bekerja lebih ekstra untuk memecah makanan.

4. Memastikan kebutuhan air putih cukup

Hal yang tidak kalah penting juga bahwa tubuh akan kehilangan banyak cairan selama berpuasa. Maka pastikan untuk minum banyak air putih untuk membantu mengurangi asam lambung dan mempercepat proses pencernaan saat berbuka atau sebelum memulai puasa.

Baca Juga: Ini Bahaya Mengonsumsi Pemanis Buatan, dari Obesitas hingga Darah Tinggi

Selain itu, juga hindari minuman bersoda dan berkafein karena dapat meningkatkan jumlah asam lambung.

5. Hindari makanan pedas dan terlalu asam

Terakhir, makanan yang terlalu asam seperti tomat dapat memperburuk asam lambung. Makanan lain yang mengandung gas seperti kol, sawi, dan brokoli sebaiknya juga dihindari karena akan memicu sakit maag.

Tidak hanya itu, konsumsi makanan yang pedas dan berlemak juga perlu dikontrol agar tidak memperburuk gejala asam lambung.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang pengidap asam lambung ketika menyiapkan buka puasa. Semoga bermanfaat . (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga