10 Nominasi Pencetak Gol Terbaik Euro 2020, Cristiano Ronaldo Urutan Berapa?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 14 Juli 2021
0 dilihat
10 Nominasi Pencetak Gol Terbaik Euro 2020, Cristiano Ronaldo Urutan Berapa?
Cristiano Ronaldo saat mencetak gol di gawang lawan. Foto: Repro google.com

" Turnamen sepakbola termegah di benua Eropa baru saja selesai. Timnas Italia keluar sebagai pemenang di Euro 2020. "

LONDON, TELISIK.ID - Turnamen sepakbola termegah di benua Eropa baru saja selesai. Timnas Italia keluar sebagai pemenang di Euro 2020.

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id, Timnas Italia keluar sebagai juara usai mengalahkan Inggris melalui penalti. Kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal dan babak tambahan.

Inggris unggul lebih dulu melalui sepakan Luke Shaw pada menit 2. Sedangkan gol Italia disumbang Leonardo Bonucci pada menit 67.

Kompetisi yang melibatkan 24 negara di putaran final ini telah selesai meninggalkan sejumlah catatan menarik. Di antaranya, UEFA menetapkan 10 nominasi pencetak gol terbaik sepanjang ajang ini.

Melansir okezone.com, berikut daftar 10 nominasi pencetak gol terbaik Euro 2020:

1. Patrik Schick (Republik Ceko vs Skotlandia)

Kecerdikan pemain Bayern Leverkusen ini terlihat pada laga ini. Ia menguasai bola dari lini pertahanan sendiri, lalu baru sedikit melewati garis tengah lapangan, ia melambungkan bola mengarah gawang Skotlandia. Kiper yang terlalu maju, membuat bola melaju deras ke dalam gawang

2. Cristiano Ronaldo (Portugal vs Hungaria (3-0) Fase Grup F)

Pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2020 ini mengawali rentetan golnya di laga melawan Hungaria ini. Ronaldo mampu menggocek sejumlah pemain, melakukan umpan one-two dengan rekannya, hingga menutupnya dengan monggocek kiper.

3. Federico Chiesa (Italia vs Spanyol (1-1 (4-2) Semi Final)

Gol ini juga membuat Chiesa terpilih menjadi pemain terbaik dalam laga krusial tersebut. Dari serangan balik yang cepat, Chiesa dapat mencari ruang kosong dan menendang bola ke sisi luar gawang yang dikawal Unai Simon.

Baca juga: Ini Deretan Alasan Lionel Messi Tak Layak Dapat Trofi Ballon dOr 2021

Baca juga: Perjalanan Timnas Italia dari Babak Penyisihan hingga Juara Euro 2020

4. Andriy Yarmolenko (Ukraina vs Belanda (2-3) Fase Grup C)

Meski mengalami kekalahan, gol Yarmolenko patut diacungi jempol. Pergerakan yang tak terduga di luar kotak penalti membuatnya tak dikawal ketat oleh lini pertahanan Belanda. Alhasil ia dapat melepaskan tendangan melengkung ke sudut kanan gawang Stekelnburg.

5. Alvaro Morata (Spanyol vs Italia (1-1 (2-4) Semi Final)

Melalui akselerasi kencang dari tengah lapangan yang membelah pertahanan Italia, Morata melakukan one-two dengan Oyarzabal. Alhasil, ia mendapat kesempatan berhadapan langsung dengan Donnarumma dan sukses menceploskan bola ke kiri gawang.

6. Mikkel Damsgaard (Denmark vs Inggris (1-2) Semi Final)

Pemain yang dirumorkan didekati oleh Barcelona ini membuat tegang ribuan pendukung Inggris melalui gol penyama kedudukan di partai semifinal. Ya, tak ada yang mengira ia sukses melakukan tendangan bebas terarah ke pojok kiri atas gawang Jordan Pickford.

7. Kevin De Bruyne (Belgia vs Denmark (2-1) Fase Grup B)

Sempat bergelut dengan cedera dalam beberapa laga terakhir, justru membuat De Bruyne mencetak gol spektakuler di laga perdananya bersama Belgia. Ia menendang keras dari luar kotak penalti yang membuat kiper Denmark tak berdaya.

8. Luka Modric (Kroasia vs Skotlandia (3-1), Fase Grup D)

Menerima umpan pendek dari rekannya di luar kotak penalti membuat Modric melepaskan tendangan first time dengan kencang. Saat itu, Kroasia menang 3-1 atas Skotlandia dan sekaligus memantapkan mereka lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020.

9. Paul Pogba (Prancis vs Swiss (3-3 (4-5)), Babak 16 Besar)

Gol melengkung dari luar kotak penalti ini sempat membuat asa Prancis lolos ke perempatfinal terbuka karena menciptakan defisit dua gol. Namun sayang, Les Bleus tak dapat mempertahankannya hingga disalip menjadi 3-3 dan kalah dalam drama adu penalti.

10. Lorenzo Insigne (Italia vs Belgia (2-1), Perempat Final)

Saat itu, Insigne membawa bola dari garis tengah lapangan, menggocek satu pemain Belgia, kemudian langsung melepaskan tendangan melengkung ke pojok kiri gawang yang dijaga Thibaut Courtois. Gol ini juga memastikan Italia melenggang ke babak semifinal. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga