19 Terduga Teroris di Makassar Diterbangkan ke Jakarta

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Sabtu, 06 Februari 2021
0 dilihat
19 Terduga Teroris di Makassar Diterbangkan ke Jakarta
Pelaku terduga teroris di giring oleh Densus 88 Anti teror untuk diberangkatkan ke Jakarta. Foto: Ist.

" Iya, hasil pemeriksaan Densus itu mereka memang anggota FPI Makassar. Tapi tidak semua (terduga teroris yang ditangkap adalah anggota FPI). "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Terduga teroris sebanyak 19 orang akhirnya diterbangkan dari Makassar menuju Jakarta, Kamis (04/02/2021) pagi tadi.

Belasan terduga teroris ini diamankan pada 6 Januari 2021 lalu di dua tempat berbeda, yakni Makassar dan Gowa.

Ke-19 dari 23 terduga teroris yang diamankan diterbangkan dengan pengawalan ketat dari Densus 88 Anti Teror Mabes Polri. Sementara  2 orang meninggal dunia saat penangkapan, 1 orang masih dirawat di rumah sakit dan 1 orang lagi dinyatakan tak bersalah usai dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian.

Belasan terduga teroris ini merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Mabes Polri yang menjemput belasan terduga teroris jaringan JAD yang dipindahkan dari Makassar ke Jakarta untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dari pantauan, ke-19 teroris tersebut muka mereka ditutupi dengan syal dan tangannya diikat lalu mendapatkan pengawalan oleh tim Densus 88.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menilai bawah ke-19 teroris tersebut sebagiannya adalah dari anggota Front Pembela Islam (FPI).

"Iya, hasil pemeriksaan Densus itu mereka memang anggota FPI Makassar. Tapi tidak semua (terduga teroris yang ditangkap adalah anggota FPI)," kata Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam, Kamis (04/02/2021).

Baca juga: Kirim Sabu dan Ekstasi Pakai CD Room Komputer, Pelaku Berhasil Diciduk Polisi

Merdisyam mengatakan, para anggota FPI itu berbaiat kepada ISIS yang dipimpinan Abu Bakar al-Baghdadi.

"Jadi mereka berbaiat ISIS pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi di tahun 2015 silam," imbuhnya.

Pemindahan para terduga teroris ini akan dikawal ketat oleh Densus 88 Antiteror Polri.

"Totalnya 19 orang, yang satu masih di rumah sakit karena tertembak. Dari 19 orang ini, tiga di antaranya wanita," lanjutnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris di Makassar, Sulsel pada Rabu (06/01/2021) lalu. Dalam penggerebekan ini sempat terjadi kontak senjata yang mengakibatkan dua orang terduga teroris M Rizaldi (44) dan Sanjai Ajis (22) tewas.

Dalam upaya penggerebekan itu, tim Densus 88 mengamankan rangkaian bom di rumah pelaku di Bulukoreng, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Selain M Rizaldi dan Sanjai Ajis, tim Densus 88 Antiteror secara serentak menangkap 18 orang terduga teroris lainnya. Dalam penangkapan itu, satu orang terduga teroris tertembak di kaki. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga