23 Orang Warga Norwegia Meninggal Diduga Akibat Efek Samping Vaksin COVID-19

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 16 Januari 2021
0 dilihat
23 Orang Warga Norwegia Meninggal Diduga Akibat Efek Samping Vaksin COVID-19
Akibat efek samping vaksin COVID-19, 23 warga Norwegia meninggal setelah disuntik vaksin Pfizer. Foto: Repro/BBC.com

" Bagi mereka yang sudah sepuh, efek samping vaksin meski sangat ringan bisa memiliki konsekuensi serius. "

KENDARI, TELISIK.ID - Diduga akibat efek samping vaksin COVID-19,  23 orang warga di Norwegia meninggal dunia usai disuntik vaksin pfizer.

Seperti dilansir dari Bloomberg.com, pada Jumat (15/1/2021) Insitut Kesehatan Publik Norwegia mengatakan, vaksin COVID-19 tersebut diduga berbahaya untuk mereka yang sudah berusia lanjut dan memiliki penyakit bawaan.

Kemudian, dari 23 orang yang meninggal setelah divaksin, ada 13 di antaranya sudah diautopsi. Hasilnya pun menunjukkan adanya efek samping yang sama dan bisa memicu reaksi parah pada orang berusia lanjut.

"Bagi mereka yang sudah sepuh, efek samping vaksin meski sangat ringan bisa memiliki konsekuensi serius," kata Insitut Kesehatan Publik Norwegia.

Baca juga: Resmi, Joe Biden Disahkan Sebagai Presiden Amerika Dilantik 20 Januari

Norwegia sejauh ini sudah memberikan vaksin COVID-19 kepada sekitar 33.000 orang, dengan fokus pada mereka yang paling rentan jika terinfeksi virus corona, termasuk mereka yang sudah berusia lanjut.

Norwegia menggunakan vaksin Pfizer/BioNTec dan rencanya dalam waktu dekat ini, pemerintah Norwegia juga akan memakai vaksin Moderna.

Sebelumnya, vaksin Pfizer ini sudah menjadi sorotan karena diketahui bisa memicu reaksi alergi parah pada pasien. Kasus alergi parah itu pernah terjadi di Amerika Serikat dan Eropa. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga