251 Penumpang KMP New Rose Cek Suhu Tubuh

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 21 Maret 2020
0 dilihat
251 Penumpang KMP New Rose Cek Suhu Tubuh
Ratusan penumpang KMP New Rose melakukan pengecekan suhu tubuh di Posko Kesehatan Pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Agar lebih efektif kami membentuk beberapa kelompok. Pihak Dishub dan kepolisian mengarahkan penumpang ke posko sementara yang lain melakukan pengecekan penumpang di luar posko dengan sasaran penumpang yang menggunakan kendaraan roda empat dan sebagian penumpang yang tidak terakomodir di dalam posko "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak terbentuknya Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 tanggal, 14 Maret lalu, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui tim Satgas terus melakukan langkah-langkah preventif penyebaran dan pengendalian COVID-19.

Salah satunya dengan membentuk Posko Tim Kesehatan Public Safety Centre 119 Kolut yang ditempatkan di Pelabuhan Penyeberangan Tobaku-Siwa, Kecamatan Katoi, Kolut.

Posko yang diisi oleh tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Perhubungan, BPBD, dan pihak kepolisian berfungsi melakukan pendataan riwayat perjalanan, memantau kondisi kesehatan, serta mengecek suhu tubuh penumpang sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan mereka di Kolut.

Diharapkan melalui pendataan tersebut, Satgas COVID-19 Kolut dapat mengetahui riwayat perjalanan penumpang sehingga mudah untuk melakukan pemantauan bagi mereka yang tercatat telah bepergian di daerah yang terindikasi suspect COVID-19.

Berdasarkan pantauan Telisik.id di Posko Tim Kesehatan Public Safety Centre 119 Pelabuhan Tobaku-Siwa, Jumat (20/3/2020), sebanyak 251 penumpang KMP New Rose yang bertolak dari Pelabuhan Bansala, Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah melakukan pendataan dan pengecekan suhu tubuh.

Salah seorang petugas kesehatan di Posko Kesehatan, Nahdatul Ulama, S.Kes. M.Kes mengungkapkan, dirinya bersama anggota Satgas lainnya telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan kepada semua penumpang dengan cara membagi diri menjadi beberapa kelompok.

"Agar lebih efektif kami membentuk beberapa kelompok. Pihak Dishub dan kepolisian mengarahkan penumpang ke posko sementara yang lain melakukan pengecekan penumpang di luar posko dengan sasaran penumpang yang menggunakan kendaraan roda empat dan sebagian penumpang yang tidak terakomodir di dalam posko," katanya.

Tidak ada kendala berarti dalam pemantauan hari ini. Hanya saja jalur antrian mungkin harus dibenahi sehingga penumpang yang turung dari kapal bisa tertib mengantri dan tidak berdesak-desakan.

"Total penumpang yang terpantau hari ini khusus KMP New Rose sebanyak 251 orang dengan riwayat perjalanan dan tujuan yang berbeda," tandasnya.

Sementara itu, di tempat berbeda, Ust. Salman (45), salah satu jemaah yang baru saja pulang dari Gowa, Sulawesi Selatan dalam rangka mengikuti pertemuan akbar ummat Islam, saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya dan puluhan jemaah asal Kolut hari ini sudah balik meskipun pertemuan tersebut belum selesai.

"Hari ini sebagian jemaah asal Kolut sudah balik, sementara sebagian lagi belum karena pertemuan tersebut belum selesai. Mungkin besok ada lagi yang balik ke Kolut," terangnya.

Untuk diketahui, KMP New Rose bertolak dari Pelabuhan Bansala, Siwa, Wajo, Sulsel, menuju Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi, Kolut, sekitar pukul 14.00 Wita  dan tiba di Tobaku pukul 17.00 Wita.  

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga