TP PKK Kabupaten Konawe Bakal Kembangkan Wisata Air Panas Sonai

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
TP PKK Kabupaten Konawe Bakal Kembangkan Wisata Air Panas Sonai
Ketua TP PKK Konawe bersama jajaran didampingi anggota DPRD meninjau wisata permandian air panas Sonai. Foto: Ist.

" Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Konawe, Trinop Tijasari Harmin bakal mengembangkan kembali wisata air panas Sonai, di Desa Sonai Kecamatan Puriala "

KONAWE, TELISIK.ID - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Konawe, Trinop Tijasari Harmin bakal mengembangkan kembali wisata air panas Sonai, di Desa Sonai Kecamatan Puriala.

Hal itu diungkap saat meninjau langsung kondisi wisata air panas Sonai yang dinilai cukup menjanjikan menjadi destinasi wisata unggulan, Selasa (31/10/2023).

"Ini aset daerah yang harus dirawat dan dikembangkan. Jangan dibiarkan seperti ini tidak terawat," katanya.

Baca Juga: Ketua Dekranasda Konawe Bakal Bentuk Kampung Tenun Ameroro

Menurut Trinop, Dinas Pariwisata Konawe mestinya tanggap melihat hal ini. Karena potensi pengembangan wisata air panas ini sangat besar. Di mana di lokasi wisata tersebut ada sejumlah pohon sagu khas Konawe yang bisa dijadikan sebagai objek wisata ketika ditata dengan rapi.

Di samping datang mandi air panas lanjut Trinop, pengunjung juga nantinya bisa melihat secara langsung bagaimana cara mengolah sagu.

Untuk menghidupkan kembali suasana wisata air panas Sonai, Trinop akan meminta peran aktif dari TP PKK Kecamatan Puriala. Karena dengan pelibatan TP PKK Kecamatan di lokasi wisata ini, tentu secara tidak langsung juga mendorong perputaran ekonomi masyarakat setempat.

"Karena saya melihat tidak ada perhatian dari Dinas Pariwisata, maka TP PKK harus terlibat langsung untuk mengelola dan menata lokasi wisata ini," terang Trinop.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Bantu Rp 200 Juta untuk Pembangunan Tribun Sepak Bola Desa Anggohu

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Konawe, Kadek Rai Sudiani mengatakan, pihaknya akan mendukung pembangunan kembali wisata air panas Sonai ini.

"Karena ini akan menjadi salah satu sumber PAD dari sektor pariwisata kalau dikelola dengan baik," ungkapnya.

Diketahui, wisata air panas dulunya banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Namun saat ini, lokasi wisata yang berada di Desa Sonai Kecamatan Puriala tersebut kini sepi pengunjung. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga