262 Pejabat Fungsional Kota Baubau Dikukuhkan

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 12 Mei 2023
0 dilihat
262 Pejabat Fungsional Kota Baubau Dikukuhkan
262 pejabat fungsional dikukuhkan oleh Wali Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Setelah sekian lama tertunda, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengukuhkan 262 pejabat fungsional di Aula Kantor Wali Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Setelah sekian lama tertunda, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengukuhkan 262 pejabat fungsional di Aula Kantor Wali Kota Baubau, Jumat (12/5/2023).

Dalam melakukan penyederhanaan birokrasi, pemerintah tidak hanya menghapus struktur birokrasi tetapi juga melakukan penyesuaian sistem kerja dan menyetarakan pejabat administrasi menjadi pejabat fungsional. Kebijakan tersebut di daerah menyasar pada jabatan eselon IV atau jabatan pengawas.

Dalam pengarahannya, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengajak para PNS agar dapat menjalankan profesi secara profesional, penuh rasa tanggung jawab dan disiplin.

Baca Juga: Dua WNA Malaysia Ditahan di Kota Baubau Gegara Melebihi Izin Tinggal

"Saya mengucapkan selamat kepada para pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan dan pejabat administrasi yang dilantik hari ini," ujar Monianse.

Ia juga mengatakan, pelantikan tersebut menjadi babak baru untuk memasuki sistem kerja birokrasi yang fleksibel dan lebih sederhana, sehingga ia menyarankan agar menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, ujir legact yang layak dikenang disetiap langkah pengabdian sebagai ASN.

Masih banyak sistem kepegawaian yang harus dilengkapi pemerintah pusat baik melalui Kemendagri, Kemenpan RB maupun BKN saat ini terus berupaya untuk melengkapi perangkat regulasi guna penyederhanaan menunjang birokrasi. Sembari itu penyetaraan jabatan harus tetap berjalan.

Sistem kerja penyederhanaan birokrasi adalah kerja kolaboratif yang membutuhkan sinergi dan kerjasama antar sesama rekan OPD, antar OPD bahkan lintas instansi pemerintah daerah. Untuk itu pihaknya menekankan kepada para pejabat yang dilantik hari ini untuk segera beradaptasi dengan transformasi sistem kerja baru tersebut. Budaya kerja baru yang lebih profesional, lincah dan dinamis.

Baca Juga: Antisipasi Bencana di Kota Baubau Melalui Jitu Pasna

Saat ini Pemerintah Kota Baubau telah mendapatkan rekomendasi dari kemendagri kemudian telah menyiapkan perwali STOK yang menyesuaikan rekomendasi tersebut dan hari ini dilantik SDM-nya yakni para pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan dan telah bekerja dengan sistem dan mekanisme kerja baru.

Menurut Lurah Kaisabu yang baru dilantik Zanat Tende mengungkapkan, menjadi seorang lurah tidak gampang. Ia berharap agar lebih bersatu dengan masyarakat

"Karena  itu tidak gampang, kalau hanya menjadi lurah nggak bisa dalam pembangunan ini sama seperti Wali Kota harus ada kebersamaan di sana" ucapnya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga