3 Fakta Unik ProPILOT Chair, Kursi yang Bisa Atur Dirinya Sendiri

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 06 November 2023
0 dilihat
3 Fakta Unik ProPILOT Chair, Kursi yang Bisa Atur Dirinya Sendiri
Nissan mulai mengembangkan berbagai inovasi mobil kepada masyarakat Jepang. Nissan telah mengembangkan kursi pintar yang bernama ProPILOT Chair. Foto: Tribunnews.com

" Nissan telah mengembangkan kursi pintar yang bernama ProPILOT Chair yang dapat bergerak sendiri mengantarkan pengguna yang duduk di atasnya ke tempat yang telah diprogram secara otomatis "

YOKOHAMA, TELISIK.ID - Jepang merupakan salah satu negara maju yang cukup terkenal dengan teknologinya. Nissan merupakan salah satu perusahaan ternama di Jepang.

Nissan memulai debut di industri otomotif. Perusahaan ini mulai mengembangkan berbagai inovasi mobil kepada masyarakat Jepang. Nissan telah mengembangkan kursi pintar yang bernama ProPILOT Chair tersebut dapat bergerak sendiri mengantarkan pengguna yang duduk di atasnya ke tempat yang telah diprogram secara otomatis.

Berikut beberapa fakta unik dan menarik mengenai ProPILOT Chair dikutip dari Liputan6.com dan medcom.id.

1. Kembangkan kursi bergerak

Nissan mengatakan, sistem yang digunakan ProPILOT Chair mengadopsi sistem otonom ProPILOT yang juga digunakan di mobil Nissan Serena terbaru. Kursi tersebut dilengkapi dengan berbagai sensor, termasuk sensor berat yang bisa mendeteksi keberadaan penggunaannya.

Baca Juga: Fitur Canggih Mobil Listrik, Bisa Jadi Aliran Daya ke Perangkat Elektronik

Untuk saat ini aplikasi dari ProPILOT Chair adalah di pertokoan dan digunakan sebagai sarana untuk mengantri. Kursi otonom ini akan bergeser secara otomatis ketika antrian bergerak, memungkinkan penggunanya yang mengantre tidak perlu beranjak dan menggeser tempat antreannya.

2. Gunakan koneksi dengan WiFi

Nissan mengungkap, mereka menggunakan empat kamera motion di dinding dimana kursi tersebut berada, serta mendukung pergerakan kursi dengan koneksi WiFi.

Baca Juga: Ini Mobil Sport Termahal di Dunia

Kursi ini pun merupakan salah satu perangkat yang menunjukkan bagaimana teknologi autonomous (tanpa supir) Nissan bekerja. Kabarnya, perusahaan asal Negeri Sakura tersebut akan mengerjakan model kendaraan autonomous yang diperlihatkan pada tahun 2020 silam.

3. Stok masih terbatas

Konsep kendaraan autonomous sendiri sebetulnya sudah lebih dulu oleh beberapa perusahaan teknologi seperti Samsung, Apple dan Google. Kendati begitu, tahap perancangan mobil autonomous mereka masih jauh dari kata 'layak' untuk digunakan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga