Fitur Canggih Mobil Listrik, Bisa Jadi Aliran Daya ke Perangkat Elektronik

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Fitur Canggih Mobil Listrik, Bisa Jadi Aliran Daya ke Perangkat Elektronik
Sejumlah mobil listrik saat ini dibekali dengan fitur vehicle to load (V2L). Fitur ini bisa memberikan kemudahan bagi para pemiliknya untuk mendapatkan sumber listrik dari mobilnya dan digunakan untuk keperluan perangkat elektronik lainnya. Foto: Repro Medcom.id

" Sejumlah mobil listrik dibekali dengan fitur vehicle to load (V2L) yang memberikan kemudahan bagi para pemiliknya untuk mendapatkan sumber listrik dari mobilnya "

KENDARI, TELISIK.ID – Mobil listrik akhir-akhir ini banyak diminati masyarakat. Para produsen mobil listrik juga berlomba-lomba menciptakan inovasi dan fitur baru yang memberi kenyamanan para penggunanya.

Dilansir dari Medcom.id, sejumlah mobil listrik saat ini dibekali dengan fitur vehicle to load (V2L). Fitur ini bisa memberikan kemudahan bagi para pemiliknya untuk mendapatkan sumber listrik dari mobilnya dan digunakan untuk keperluan perangkat elektronik lainnya.

Fitur ini bisa ditemukan di sejumlah mobil listrik, sebut saja Nissan Leaf, MG4 EV, dan Hyundai Ioniq 5. Sebagai contoh saja fitur V2L di IONIQ 5 Bluelink dan IONIQ 6 dapat memasok daya AC (230V/50Hz) dengan konsumsi daya maksimum hingga 3,6 kW.

Untuk menggunakan fitur V2L, pengguna bisa pakai port di dalam kendaraan. Indoor V2L bisa digunakan saat kendaraan dalam kondisi menyala ataupun sedang berjalan. Kemudahan fitur Indoor V2L bisa dinikmati cukup dengan buka penutup port, lalu sambungkan perangkat elektronik yang ingin dipakai.

Status fitur V2L bisa dilihat lewat warna lampu yang menyala pada port, dimana biru berarti standby mode, hijau berarti fitur V2L sedang berfungsi normal, dan merah berarti tidak ada daya listrik yang mengalir.

Baca Juga: Harga Baterai Mobil Listrik Ioniq 5, Bisa Beli Avanza

Pengguna juga bisa menikmati kemudahan fungsi Outdoor V2L dengan memasang V2L External Adaptor orisinal dari Hyundai pada port pengisian daya kendaraan. Outdoor V2L ini bisa dipakai saat kendaraan dalam kondisi berhenti atau mati. Tata cara penggunaan Outdoor V2L adalah sebagai berikut dikutip dari Carmudi.co.id.

1. Atur batas penarikan daya listrik dari 20 persen hingga 80 persen dari head unit pada menu EV, lalu pilih opsi EV Charge Transfer V2L.

2. Sambungkan V2L External Adaptor pada port pengecasan kendaraan. Buka penutup V2L External Adaptor, sambungkan perangkat elektronik yang diinginkan, lalu tutup kembali.

Baca Juga: Suzuki Bakal Rilis Mobil Listrik Mungil Berkonsep Kotak, Disebut Penerus Karimun

3. Tekan tombol on/off pada V2L External Adaptor agar daya listrik dapat langsung digunakan sesuai kebutuhan.

4. Pastikan daya listrik mengalir, periksa nyala lampu hijau pada V2L External Adaptor atau indikator V2L yang muncul pada head unit.

5. Untuk menghentikan penggunaan Outdoor V2L, tekan tombol on/off pada V2L External Adaptor, tekan tombol pengunci dan pembuka kunci pintu mobil pada smart key, lalu lepas V2L External Adaptor dari port pengisi daya kendaraan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga