adplus-dvertising

4 Bahaya Berjemur di Siang Hari, Salah Satunya Percepat Penuaan Dini

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 01 April 2021
4678 dilihat
4 Bahaya Berjemur di Siang Hari, Salah Satunya Percepat Penuaan Dini
Ilustrasi berjemur disiang hari. Foto: Repro Mother And Baby

" "

JAKARTA, TELISIK.ID -  Secara umum, sinar matahari dapat membantu proses sintesis atau pembentukan vitamin D dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun di sisi lain, berjemur di bawah sinar matahari, terutama di siang hari, dapat menimbulkan beberapa efek negatif.   

Dikutip dari Klikdokter.com, berikut empat bahaya berjemur di siang hari yang dapat terjadi pada tubuh Anda.


1. Sunburn 

Efek berjemur di siang hari adalah kulit kemerahan, terasa nyeri, dan terasa terbakar hingga sering disebut sebagai sunburn. Pada tahap yang lebih berat, dapat muncul lesi di kulit seperti lenting.

2. Kerusakan Kulit dan Penuaan Dini

Paparan sinar matahari memiliki dampak yang bisa merusak kulit. Sinar matahari dapat merusak komponen genetik dalam sel kulit hingga mempercepat terjadinya penuaan dini. Gejala penuaan dini umumnya berupa kulit kering, kusam, tampak keriput dan garis halus. 

3. Kerusakan Mata 

Bahaya berjemur di siang hari lainnya adalah katarak. Katarak merupakan kondisi lensa mata yang mengalami kekeruhan sehingga penglihatan penderitanya akan menurun. Salah satu faktor risiko dari katarak adalah paparan ultraviolet dari sinar matahari.

Selain katarak, efek berjemur di siang hari berikutnya adalah pterygium. Kondisi pterygium terjadi ketika jaringan ikat berkembang di mata dan dapat menghalangi jalur penglihatan. 

4. Risiko Kanker Kulit 

Masalah lain yang dapat timbul akibat berjemur di siang hari adalah risiko kanker kulit. Ada berbagai jenis kanker kulit, yaitu melanoma, karsinoma sel skuamosa, dan karsinoma sel basal. 

Salah satu faktor risiko utama dari kanker kulit adalah paparan sinar ultraviolet yang ada di dalam sinar matahari. Hal ini dapat terjadi setelah Anda sering terpapar dalam waktu yang lama.

Selain itu, Indonesia sebagai negara tropis dengan curahan sinar matahari yang melimpah. Di satu sisi, hal ini merupakan sebuah keuntungan karena sinar matahari memang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Baca Juga: Pertalite Hingga Pertamax Naik Hari ini, Cek Harga Terbarunya

Tetapi Jangan khawatir, ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dan tubuh dari bahaya sinar matahari siang. Berikut pencegahannya:

* Ketahui Waktu Berjemur yang Tepat 

Kendati masih banyak perdebatan, sebagian besar pakar menyarankan kita untuk berjemur di bawah jam 10 pagi. Jadi, sebisa mungkin hindari aktivitas di luar ruangan, terutama di atas jam 10 siang. 

* Gunakan Tabir Surya 

Saat beraktivitas di luar ruangan pada pagi dan siang hari, selalu gunakan tabir surya. Tabir surya merupakan produk mengandung SPF yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

* Pilih Pakaian yang Tepat 

Saat beraktivitas ke luar rumah, gunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang agar kulit tak langsung terpapar sinar matahari. Anda juga dapat menggunakan topi, kacamata hitam, dan payung untuk melindungi bagian kepala dan mata dari sinar matahari. 

* Minum Air Putih 

Sinar matahari yang terik dapat memicu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mencegahnya, minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari, setidaknya 2 hingga 3 liter per hari.

Sinar matahari memang baik untuk tubuh, tetapi  bila Anda berjemur di siang hari, terutama di atas jam 10, efeknya justru berbahaya.

Berbagai efeknya pun  bisa terjadi jika Anda melakukannya dalam waktu lama dan tanpa perlindungan.

Karena itu, lakukan beberapa kiat di atas agar kulit tetap terlindung dari bahaya sinar matahari siang hari. (C)

Reproter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga