4 Kesalahan Ini Bisa Bikin Tagihan AC Naik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
4 Kesalahan Ini Bisa Bikin Tagihan AC Naik
Untuk mencegah tagihan listrik melonjak karena penggunaan AC, Anda perlu memastikan 4 kesalahan tak terjadi. Foto: Klikdokter.com

" Saat ini hampir semua rumah memiliki AC. Namun tak semua pemilik rumah tahu cara penggunaan AC yang tepat sehingga tagihan listrik tidak naik signifikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini hampir semua rumah memiliki AC. Namun tak semua pemilik rumah tahu cara penggunaan AC yang tepat sehingga tagihan listrik tidak naik signifikan. 

Saat cuaca panas, wajar bila pemilik rumah menyalakan AC untuk menyejukkan ruangan. Namun demikian, tidak sedikit orang menyalakan AC terus-menerus, yang bisa membuat tagihan listrik melonjak.

Untuk mencegah tagihan listrik melonjak karena penggunaan AC, Anda perlu memastikan kesalahan ini tak terjadi berikut seperti dilansir dari Momsmoney.id dan kompas.com:

1. Meletakkan AC langsung terkena sinar matahari

Kesalahan pertama yang tidak Anda sadari saat menggunakan AC dan bikin tagihan listrik naik adalah cara peletakannya. AC memang bukan benda yang cukup menarik di suatu ruangan sehingga seringkali pemilik rumah berusaha menyembunyikannya tanpa mempertimbangkan posisi yang tepat.

Baca Juga: Pakai AC atau Kipas Angin, Mana yang Baik Bagi Kesehatan?

Saat meletakkan AC, sebaiknya hindari unit ini terkena sinar matahari secara langsung. Coba letakkan di area yang cukup teduh seperti di sebelah timur atau utara. Sebab jika AC terkena sinar matahari secara langsung maka AC akan bekerja lebih keras dan menyebabkan penggunaan energi listrik yang meningkat.

2. Bersihkan filter

jika Anda membersihkan filter AC secara teratur, maka akan meningkatkan efisiensi AC dan membuat AC bekerja lebih baik. Idealnya, Anda perlu membersihkan filter AC setiap dua hingga tiga Minggu.

Namun, frekuensi pembersihan filter AC akan tergantung pada rumah tangga masing-masing individu. Misalnya, jika Anda memiliki lebih banyak orang yang tinggal di rumah, hewan peliharaan yang harus diperhitungkan, atau menghabiskan sebagian besar waktu Anda di rumah, Anda harus membersihkannya lebih teratur.

Paling tidak, usahakan untuk membersihkan filter AC beberapa kali dalam setahun. Beberapa model AC juga memiliki filter yang dapat dilepas dan dibersihkan, dan filter jenis ini pada akhirnya perlu diganti setiap atau dua tahun.

Baca Juga: 7 Dampak Gunakan AC Sepanjang Malam

3. Membiarkan jendela terbuka saat AC menyala 

Tagihan listrik bisa meningkat signifikan saat AC menyala jika Anda membuka jendela di rumah. Membuka jendela dan pintu akan membuat udara lembap masuk ke rumah dan udara dingin keluar. 

Jika ini terjadi, AC akan bekerja ekstra keras untuk mengimbanginya. Sehingga selalu tutup pintu dan jendela saat AC menyala. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga