7 Dampak Gunakan AC Sepanjang Malam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
7 Dampak Gunakan AC Sepanjang Malam
Ketika Anda ingin tidur menggunakan AC sepanjang malam, bisa berdampak buruk pada kesehatan. Foto: Bekasi.urban.banjar.com

" AC seperti menjadi barang berharga saat cuaca panas, bahkan penyelamat. Bahkan tak sedikit yang menggunakan Ac saat cuaca sedang panas "

KENDARI, TELISIK.ID - AC seperti menjadi barang berharga saat cuaca panas, bahkan penyelamat. Bahkan tak sedikit yang menggunakan Ac saat cuaca sedang panas.

AC seperti menjadi solusi mendapatkan tidur yang nyenyak di kala cuaca sedang panas. Sepintas memang rasanya demikian, tapi, sebenarnya ketika Anda ingin tidur menggunakan AC sepanjang malam, itu juga mempertaruhkan kesehatan.

Meski bisa membuat nyaman tubuh dan meningkatkan kualitas tidur, pemakaian AC yang tidak tepat saat tidur dinilai cukup berisiko. Berikut sejumlah bahaya tidur pakai AC dikutip dari Cnnindonesia.com dan okezone.com:

Baca Juga: Ini Segudang Manfaat Habbatussauda

1. Gangguan sistem pernapasan

Perubahan temperatur dari sistem AC yang ekstrem dan tiba-tiba dapat mengganggu sistem pernapasan sehingga rentan menyebabkan pilek atau terjadi alergi pada penderita sinusitis.

2. Infeksi virus

Tidur memakai AC dengan sirkulasi udara ruangan yang buruk berisiko mengembangkan jamur, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

3. Kulit kering

Kulit yang tidak memakai pelembap kemudian terpapar suhu AC dingin dalam waktu cukup lama bisa mengakibatkan kulit kering serta bersisik.

4. Sakit kepala

Saat Anda tidur dan AC menyala, suhu ruangan bisa berada di bawah kondisi tubuh Anda. Suhu rendah bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala, sakit punggung dan kontraksi otot.

5. Dingin

Suhu dingin di ruangan juga bisa membuat Anda terserang flu. Maka, tak heran jika Anda bangun dengan sesekali bersin di pagi hari. Hal itu karena Anda tidur menggunakan AC dengan suhu 16 derajat celsius.

Baca Juga: Ini Sejumlah Risiko Tidur Tengkurap

6. Kelelahan

Anda menutup pintu dan jendela saat AC menyala agar suhu di dalam kamar tetap dingin. Namun, dengan menutup semua sumber pertukaran udara, maka artinya membatasi aliran udara segar dan mencegah sirkulasi yang baik. Kurangnya udara segar bisa membuat Anda tetap kelelahan.

7. Masalah pernapasan

Jika tidak membersihkan saluran AC Anda dari waktu ke waktu, maka bisa menjadi tempat berkembang biak bagi jamur dan bakteri. Akibatnya, Anda dapat mengalami masalah kesulitan bernapas. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga