441 Warga Nambo Dapat Bantuan Sosial Pangan

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 06 Agustus 2021
0 dilihat
441 Warga Nambo Dapat Bantuan Sosial Pangan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyerahkan buku tabungan pada perwakilan warga penerima bantuan dari Dinas Sosial. Foto: Sumarlin/Telisik

" Wali kota juga menyerahkan beras dan telur pada perwakilan warga yang hadir "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, secara simbolis menyerahkan buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) program Bantuan Sosial Pangan (BSP) perluasan tahap dua tahun 2021.

Penyerahan tersebut dilakukan di Kantor Kelurahan Nambo Kecamatan Nambo, Jumat (6/8/2021).

Selain kartu, wali kota juga menyerahkan beras dan telur pada perwakilan warga yang hadir.

Warga yang mendapatkan bantuan kali ini merupakan tambahan data, dari hasil penelusuran yang dilakukan Dinas Sosial bersama petugas Pusat Kesehatan Sosial (Puskesos).

Dari penelusuran itu, Kota Kendari mendapatkan tambahan sebanyak 1439 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 11 kecamatan.

Sulkarnain mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk perlindungan pemerintah terhadap masyarakat di saat terjadinya pandemi, seperti saat ini.

Wali kota mengaku, penambahan data ini cukup dilema, karena di satu sisi pemerintah bekerja untuk memberikan kesejahteraan pada masyarakat, namun di sisi lain saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan.

"Kita tidak ingin hidup kita begini terus, kita ingin dari waktu ke waktu hidup kita ada peningkatan, tapi tugas kita hanya berikhtiar seluruh wujudnya di dunia ini ditentukan Yang Maha Kuasa," ungkapnya.

Wali kota mengingatkan, pada para penerima agar memegang sendiri kartu dan buku tabungannya agar tidak disalahgunakan oleh pihak tertentu, karena bantuan tersebut akan dicairkan setiap bulan tanpa potongan.

Para penerima bantuan diharapkan agar bisa mencairkan bantuan setiap bulan, karena jika tiga bulan bertutur-turut tidak cair, maka KPM dianggap sudah mampu dan akan dikeluarkan dari data penerima bantuan.

Baca Juga: Wabup Konawe Wafat, Siska Karina: Sultra Kembali Kehilangan Putra Terbaik

Baca Juga: DLHK Libatkan Pedagang Rawat Taman Gerbang Batas Kota Kendari

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Kendari Abdul Rauf menjelaskan, dari 1439 KPM di Kota Kendari, Kecamatan Nambo yang paling banyak mendapatkan tambahan yakni 441 KPM.

Dengan penambahan KPM ini, sehingga total penerima bantuan KKS BSP tahun 2021 di Kota Kendari berjumlah 15.174 KPM.

"15.174 KPM ini setiap bulannya menerima Rp 200 ribu. Kalau kita kali jumlahnya setiap tahun sekitar Rp 36 miliar bantuan pusat masuk ke warga Kota Kendari, ini belum program PKH dan BST," jelasnya.

Selanjutnya, warga yang telah menerima bantuan bisa langsung mencairkan bantuannya melalui bank BRI. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga