5 Aturan Tak Wajar di Korea Utara, Apa Saja?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 13 Agustus 2022
0 dilihat
5 Aturan Tak Wajar di Korea Utara, Apa Saja?
Negara Korea Utara memiliki berbagai aturan yang cukup berlebihan. Foto: Repro google.com

" Salah satu negara yang memiliki aturan super ketat adalah Korea Utara. Bahkan beberapa aturannya terbilang tak wajar "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu negara yang memiliki aturan super ketat adalah Korea Utara. Bahkan beberapa aturannya terbilang tak wajar.

Dikutip cnbcindonesia.com, sebagai salah satu negara komunis yang paling tertutup di dunia, warga Korea Utara (Korut) harus hidup di bawah aturan yang sangat ketat.

Hanya saja larangan yang ada di negara pimpinan Kim Jong Un itu dirasa berlebihan oleh sebagian pihak.

Lantas apa saja aturan yang membuat sebagian masyarakat Korea Utara merasa bahwa aturan tersebut berlebihan dan tak wajar?

Melansir detik.com yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 larangan gila yang diterapkan di Korut:

1. Larangan tertawa saat berkabung

Otoritas Korut sempat memberlakukan larangan tertawa selama 11 hari pada Desember tahun lalu. Itu dikarenakan Pyongyang yang saat itu sedang berkabung memperingati 10 tahun kematian Pemimpin Korut kedua sekaligus ayah dari Kim Jong Un, Kim Jong Il.

Baca Juga: Niat Cari Kekurangan Al-Quran, Pria Ini Malah Terpukau dan Jadi Mualaf

Untuk menertibkan aturan ini, Pyongyang juga meminta pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan ketat. Polisi akan memperhatikan setiap orang yang tidak memperlihatkan perasaan berduka di depan umum.

2. Larangan mendengar musik K-pop

Korut dilaporkan memberlakukan aturan ini pada awal tahun lalu. Polisi disebut bakal menindak keras mobil yang menggunakan kaca jendela berwarna gelap demi menjaring masyarakat Korut yang diam-diam menonton video dari media Korea Selatan (Korsel).

Pemerintah Korut disebut khawatir. Negeri Kim Jong Un tak ingin masyarakat terutama anak muda, mengkonsumsi dan menikmati musik dan film dari negeri Kpop saat berada di dalam mobil dan taksi.

Baca Juga: Ini Harga Mi Instan di 5 Negara Asia, Ada Tembus Rp 45 Ribu per Bungkus

Selain Kpop, warga Korut juga diketahui dilarang mendengar musik-musik dan hasil kebudayaan lainnya yang berasal dari Barat dan Jepang.

3. Larangan menggunakan jeans

Warga Korea Utara diperbolehkan pakai jeans namun harus yang berwarna gelap seperti hitam. Hal ini diberlakukan lantaran otoritas negara itu menganggap bahwa jeans berwarna biru sebagai lambang kapitalisme dari Amerika Serikat (AS) yang merupakan lawan dari Korut.

4. Larangan merias rambut dengan gaya asing

Selain pakaian, Korut juga menindak tegas warga yang ketahuan merias rambutnya dengan model dan gaya negara lain. Hal ini juga dilakukan agar warga negara itu tidak terkontaminasi dengan budaya Barat.

5. Larangan keluar negeri kecuali keperluan dinas

Dalam laman yang bercerita terkait Korut, NK News, seorang pelarian dari negara itu mengatakan Pemerintah Pyongyang tidak menyetujui warganya pergi ke luar negeri tanpa izin. Para elit tidak terkecuali dalam aturan ini.

Dalam beberapa kasus, menjadi elit dapat membuat lebih sulit untuk pergi ke luar negeri. Kader top di Partai Buruh Korea menghadapi pembatasan perjalanan ke luar negeri karena takut akan membelot. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga