adplus-dvertising

5 Bahan Alami Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 05 September 2022
328 dilihat
5 Bahan Alami Ini Bisa Turunkan Berat Badan
Untuk menurunkan berat badan dapat juga dilakukan dengan konsumsi bahan alami. Foto: Repro batrisyiaherbalskincare.com

" Pola makan dan gaya hidup adalah dua faktor utama yang sering membuat berat badan naik. Ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan cara alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki tubuh ideal menjadi keinginan setiap orang. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan mengkonsumsi bahan alami.

Dikutip dari katadata.co.id, kelebihan berat badan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, hingga kematian menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pola makan dan gaya hidup adalah dua faktor utama yang sering membuat berat badan naik. Ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan cara alami.


Apalagi alam di Nusantara ini telah menyediakan beragam tanaman yang memiliki khasiat, termasuk untuk menurunkan berat badan.

Di Indonesia, terdapat sekitar 30 ribu hingga 50 ribu tanaman pada tahun 2015 dan 7.500 di antaranya dapat digunakan untuk tanaman obat menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Melansir alodokter.com, berikut beberapa tips untuk menurunkan berat badan dengan bahan alami:

1. Konsumsi beras pecah kulit

Salah satu cara tradisional menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi beras pecah kulit, seperti beras coklat, beras merah, atau campuran kedua jenis beras tersebut (multi grain rice). Beras jenis ini kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di tubuh.

Baca Juga: Jangan Buang, Ini 4 Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Kulit

Selain itu, beras coklat dan beras merah juga mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Dengan kandungan nutrisi dan seratnya yang tinggi, beras jenis ini merupakan pilihan yang lebih baik untuk dikonsumsi.

2. Konsumsi jahe

Jahe merupakan salah satu bahan tradisional yang kerap digunakan oleh cukup banyak orang Indonesia untuk menurunkan berat badan. Rempah ini dipercaya memiliki peran penting dalam mengendalikan berat badan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mengurangi peradangan.

Beberapa riset kesehatan mengungkapkan bahwa konsumsi jahe, baik dalam bentuk teh atau suplemen yang mengandung ekstrak jahe, mampu membuat sesesorang merasa lebih cepat kenyang dan menekan nafsu makan. Konsumsi jahe juga baik untuk mengontrol kolesterol dan gula darah.

3. Minum teh

Teh adalah minuman yang amat sehat karena mengandung antioksidan dan mineral yang cukup tinggi. Banyak studi yang menunjukkan bahwa konsumsi teh, baik teh teh hitam atau teh hijau, dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

Konsumsi teh sebagai cara tradisional menurunkan berat badan juga akan lebih efektif jika disertai dengan olahraga rutin dan diet yang sehat.

4. Minum air jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, magnesium, kalsium, dan beragam vitamin. Selain menyegarkan, air jeruk nipis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ketahui Efek Samping Minum Air Lemon Bagi Kesehatan

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis diketahui dapat meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori, sehingga berat badan bisa lebih terjaga.

5. Konsumsi madu

Sebagian orang kerap mencampurkan madu ke dalam suatu minuman guna menurunkan berat badannya. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengganti sukrosa dengan madu dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa madu dapat mengaktifkan hormon yang mampu menekan nafsu makan. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat dan efektivitas madu untuk menurunkan berat badan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga