Ketahui Efek Samping Minum Air Lemon Bagi Kesehatan

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 04 September 2022
0 dilihat
Ketahui Efek Samping Minum Air Lemon Bagi Kesehatan
Terlalu banyak mengonsumsi air lemon dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Foto: Repro Grid.id

" Selain mengandung banyak senyawa aktif, jeruk lemon juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat lemon sangat baik bagi kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Belakangan ini, air lemon menjadi tren tersendiri dalam dunia kesehatan. Kebanyakan jeruk lemon dikonsumsi dengan cara diperas dan diambil airnya.

Jeruk lemon mengandung banyak senyawa aktif seperti fitokimia, flavonoid, kumarin, psoralen, karotenoid. Selain mengandung banyak senyawa aktif, jeruk lemon juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat lemon sangat baik bagi kesehatan.

Mengutip dari Kontan.co.id, berikut 6 manfaat dari jeruk lemon bagi kesehatan:

1. Menyehatkan jantung

Jeruk lemon kaya akan kalium. Mengutip dari buku Khasiat Lemon untuk Kestabilan Kesehatan karya Hindah Muaris, dalam 100 gram jeruk lemon mengandung kalium sekitar 140 mg. 

Kalium merupakan mineral yang penting untuk otak karena bermanfaat mengontrol detak jantung dan tekanan darah. 

2. Mencegah penyakit batu ginjal 

Jeruk lemon bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. 

Penelitian yang dilakukan di Maroko tahun 2007 melaporkan bahwa minum jus lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal pada tikus. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Sudah bukan rahasia bila jeruk lemon bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam 100 gramjeruk lemon mengandung sekitar 39 mg vitamin C. 

Kadar vitamin C yang cukup tinggi di dalam jeruk lemon membuatnya tidak mudah rusak karena memiliki pH yang cukup asam yakni 2-3. 

Selain itu jeruk lemon juga mengandung quersetin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

4. Mengontrol gula darah 

American Diabetes Association (ADA) memasukkan jeruk lemon sebagai superfood diabetes. Jeruk lemon mengandung quersetin yang berperan untuk menyeimbangkan  kadar gula darah dalam tubuh, 

5. Mencegah kanker 

Jeruk lemon mengandung flavonoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dan aktioksidan. Flavonoid juga berfungsi sebagai antivirus, antikanker dan antialergenik. 

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Bisa Perbaiki Fungsi Ginjal

Asian Pasific Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa ekstrak lemon meningkatkan pemrograman kematian sel di dalam sel kanker payudara. 

6. Detoksifikasi 

Jeruk lemon juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang berperan menyerap racun dalam sirkulasi darah yang dibuang melalui urin. 

Namun, dibalik kandungannya yang kaya akan manfaat, perlu diingat bahwa lemon juga memiliki efek samping yang dapat menyebabkan masalah bagi tubuh Anda.

Dikutip dari Kompas.com, berikut beberapa efek samping dari mengonsumsi air lemon:

1. Memperburuk gejala GERD

Penderita penyakit refluks gastroesofagus (GERD) harus lebih berhati-hati dengan air lemon.

Dilansir dari Live Strong, pada orang yang rentan terhadap refluks, asam dalam lemon dapat memicu gejala GERD atau memperburuk gejalanya.

2. Merusak gigi

Keasaman yang tinggi dalam jeruk lemon juga dapat merusak gigi. Menurut American Dental Association (ADA), air lemon dapat mengikis email gigi, bahkan lebih buruk daripada soda dan minuman olahraga.

Baca Juga: Jangan Buang, Ini 4 Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Kulit

Meski demikian, ini tidak berarti harus menghindari air lemon sepenuhnya.

3. Memicu sakit perut

Air lemon memang diketahui bermanfaat untuk kesehatan usus dan keseluruhan sistem pencernaan. Namun, alih-alih menyehatkan, terlalu banyak perasan lemon justru dapat memperburuk beberapa gangguan pencernaan seperti GERD dan refluks asam.

Beberapa makanan asam seperti lemon dapat memicu timbulnya GERD dan refluks asam dengan menyebabkan mulas, mual, dan muntah.

Hal yang perlu dilakukan adalah membatasi jumlah air lemon yang dikonsumsi secara rutin.

Kabar baiknya, minum air lemon disebut dapat menyebabkan diare hanyalah rumor belaka.

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Su-Nui Escobar, mengatakan, minum air jeruk lemon dalam jumlah normal tidak akan mengganggu pergerakan usus orang yang sehat. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga