5 Cara Mudah Hilangkan Ngantuk dengan Jari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 21 Maret 2024
0 dilihat
5 Cara Mudah Hilangkan Ngantuk dengan Jari
Rasa ngantuk dapat diatasi dengan menggunakan jari. Foto: Repro klikdokter.com

" Pijatan di bagian tubuh tertentu dipercaya ampuh mengatasi rasa kantuk "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengatasi rasa ngantuk dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan jari jemari, yaitu dengan pijitan jari di bagian tubuh tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, mengantuk merupakan kondisi alami ketika tubuh membutuhkan waktu istirahat. Namun, ngantuk yang berlebihan bisa menjadi pertanda gangguan, seperti sleep apnea, narkolepsi, depresi, dan masalah emosi.

Jika rasa mengantuk ini selalu dirasakan di setiap kondisi, maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya menurunkan produktivitas dalam melakukan pekerjaan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan teknik yang disebut akupresur, dengan memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu menggunakan jari, akan merasa lebih terjaga dan tidak terlalu mengantuk.

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Gula Darah saat Puasa

Melansir alodokter.com, berikut beberapa cara mengatasi rasa mengantuk dengan menggunakan jari jemari dengan menekan beberapa titik pada tubuh tertentu, di antaranya:

1. Tepat di bawah lutut

Titik akupresur yang bisa Anda coba untuk menghilangkan ngantuk adalah tepat di bawah lutut. Anda bisa menekan area ini dengan ibu jari atau telunjuk dengan gerakan melingkar searah jarum jam atau berlawanan.

Gerakan ini juga bisa mengontrol nafsu makan, meredakan gejala asam lambung, dan mengatasi sembelit.

2. Bagian atas kepala

Untuk menghilangkan ngantuk dengan jari, Anda bisa memberi tekanan dengan mengetuk-ngetuk ringan bagian atas kepala menggunakan ujung jari. Agar bisa mendapat hasil yang maksimal, lakukan cara menghilangkan ngantuk dengan jari ini selama 5–6 menit.

3. Bagian telapak kaki

Titik lain yang dipercaya mampu menghilangkan ngantuk adalah bagian telapak kaki, tepatnya di tengah-tengah. Agar efeknya lebih ampuh, Anda dianjurkan untuk memberi tekanan yang kuat menggunakan jari.

Cara menghilangkan ngantuk dengan jari ini juga perlu dilakukan berulang kali selama beberapa menit.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Usus Secara Alami

4. Punggung tangan, di antara ibu jari dan telunjuk

Cara menghilangkan ngantuk dengan jari juga bisa dengan pemberian tekanan pada area punggung tangan, tepatnya di antara ibu jari dan telunjuk tangan.

Selain mengatasi ngantuk, memberi pijatan pada titik ini juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan nyeri haid.

5.  Bagian atas belakang leher

Selain atas kepala, titik akupresur yang ampuh untuk menghilangkan ngantuk adalah bagian atas belakang leher. Anda bisa memijat titik ini dengan memberi tekanan yang cukup kuat dan mengulanginya beberapa kali minimal selama 5 menit.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa ngantuk dengan menggunakan jari. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga