5 Cara Mengontrol Gula Darah saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 20 Maret 2024
0 dilihat
5 Cara Mengontrol Gula Darah saat Puasa
Mengontrol gula darah saat puasa menjadi penting agar ibadah berjalan lancar. Foto: Repro Freepik/Towfiqu Barbhuiya

" Saat puasa, penderita diabetes lebih berisiko mengalami peningkatan atau penurunan kadar gula darah drastis yang bisa menimbulkan gejala yang berbahaya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami, termasuk saat berpuasa adalah diabetes. Puasa bagi penderita diabetes bisa dilakukan asalkan kadar gula darahnya memang terkontrol dengan baik.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, kadar gula darah normal di dalam tubuh tidak boleh berlebihan. Sebab, ada banyak gangguan yang bisa terjadi jika masalah ini terjadi secara konstan, salah satunya diabetes.

Saat puasa, penderita diabetes lebih berisiko mengalami peningkatan atau penurunan kadar gula darah drastis yang bisa menimbulkan gejala yang berbahaya. Belum lagi jika penderita diabetes tidak minum cukup air putih, risiko dehidrasi juga bisa meningkat.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara mengontrol gula darah saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengontrol gula darah saat menjalani ibadah puasa:

1. Atur porsi makan dengan baik

Selain pilihan makanannya, porsi juga harus diatur dengan baik. Jangan sampai karena rasa lapar dan haus yang terasa tidak tertahankan, makan sahur atau berbuka puasa jadi kalap.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengontrol Gula Darah

Penderita diabetes harus ingat kalau makan dalam jumlah berlebihan bisa membuat kadar gula darahmu melonjak seketika. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan perut kembung dan peningkatan berat badan.

2. Pilih menu sahur yang tepat

Menu sahur untuk penderita diabetes sebaiknya terdiri dari makanan dengan indeks glikemik rendah. Makanan tersebut lebih lambat diserap oleh tubuh dan mampu menjaga kadar gula darah tubuh tetap stabil selama puasa.

Makanan berprotein juga baik dikonsumsi saat sahur karena tidak berdampak banyak pada kadar gula darah.

Pilihan menu sahur yang bisa dikonsumsi adalah nasi merah dengan lauk telur dadar, sayur sop daging ayam, cah brokoli wortel, atau balado ikan sarden. Bahan makanan tersebut juga bisa diolah menjadi beragam menu makanan lainnya, kok. Jangan lupa, sajikan juga buah apel, pir, atau kiwi.

3. Hindari olahraga berat

Jangan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi saat berpuasa. Olahraga dapat membuat kadar gula darah menurun drastis, sehingga risiko terjadinya hipoglikemia bisa semakin tinggi. Cukup lakukan olahraga ringan dan tidak perlu memaksakan diri.

4. Perhatikan menu berbuka puasa

Biasanya, umat muslim mengawali momen berbuka puasa adalah makan tiga buah kurma. Namun, karena perlu membatasi makan manis, penderita diabetes cukup makan satu buah kurma saja saat berbuka puasa. Kurma akan membantu mengembalikan energi tanpa membuat gula darah meningkat drastis.

Baca Juga: 3 Jenis Beras Tak Bikin Gula Darah Naik, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Untuk makan beratnya, pilihlah menu buka puasa dengan nutrisi yang seimbang. Contohnya, nasi merah dengan lauk ayam brokoli teriyaki, ikan goreng, atau telur balado buncis. Gunakanlah minyak sehat saat memasak.

Hindari konsumsi takjil yang terlalu manis, seperti es buah dengan SKM, es cendol, atau pisang coklat goreng, karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Konsumsi gorengan juga perlu dibatasi karena tinggi garam dan lemak jenuh.

5. Minum air putih yang cukup

Terapkan pola minum air putih 4–2–2, yaitu 4 gelas air putih saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur malam, dan 2 gelas saat sahur. Pola ini dinilai efektif untuk menjaga cairan tubuh selama berpuasa dan mencegah dehidrasi. Dehidrasi saat puasa dapat memicu hormon stres yang dapat meningkatkan gula darah.

Hindari minuman berkafein, seperti teh dan kopi, saat sahur karena dapat membuat frekuensi buang air kecil meningkat dan tubuh kehilangan cairan dengan cepat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengontrol gula darah saat puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga