adplus-dvertising

5 Fakta Unik dan Aneh Dunia di Antaranya Ngirim Bangunan Bank Lewat Kantor Pos

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
148 dilihat
5 Fakta Unik dan Aneh Dunia di Antaranya Ngirim Bangunan Bank Lewat Kantor Pos
Kondisi luar angkasa yang hampa tanpa udara membuat gas yang keluar saat buang angin tidak langsung hilang. Foto: Repro Wahananews.co

" Satu-satunya indera manusia yang tidak berfungsi saat tidur adalah indera penciuman "

KENDARI, TELISIK.ID - Jangan pernah berpikir kamu tahu segalanya, karena di dunia ini selalu saja ada hal yang tidak pernah kamu bayangkan. Tak sedikit beragam fakta unik dan menarik yang ada di dunia, bahkan beberapa di antaranya belum kamu ketahui.

Deretan fakta unik dan aneh di beberapa  negara yang dilansir dari berbagai sumber antara lain:

1. Mengirim bank melalui kantor pos


Mengutip Dream.co.id, William H. Coltharp adalah seorang pengusaha muda yang memutuskan membangun sebuah bank baru di Vernal, Utah.

Tentu saja, Coltharp tidak bisa mengirim bangunan jadi melalui surat, sehingga dia mengirimnya 'dinding per dinding'.

Coltharp minta batu bata sebanyak 80.000 biji yang ditaruh dalam 40 peti dengan berat 22 kilogram dikirimkan dari perusahaan batu bata di Salt Lake melalui kantor pos.

Baca Juga: 4 Fakta Penyu Raksasa yang Hidup Puluhan Juta Tahun Lalu

Coltharp beralasan, pengiriman melalui pos adalah cara termurah mengapalkan batu bata untuk bahan konstruksi bangunan. Karena ulah Coltharp inilah, Kantor Pos AS melarang pengiriman benda pos melebihi 90 kg dalam sehari sejak 1916.

2. Indera manusia saat tidur tak berfungsi

Mengutip Merdeka.com, satu-satunya indera manusia yang tidak berfungsi saat tidur adalah indera penciuman. Jadi, bohong ketika ada orang yang dibangunkan dari tidur dengan menggunakan aroma kopi atau mie instan seperti di iklan-iklan televisi.

Bahkan saat terjadi kebakaran, aroma asap yang pekat tidak akan dapat tercium. Yang dapat membangunkan adalah sesaknya dada akibat menghirup asap. Bukan baunya.

3. Jepang

Penduduk Jepang mengonsumsi ikan paling banyak dibanding negara lainnya di dunia dan makan sambil bersuara bukanlah hal yang tidak sopan di negara matahari terbit ini. Fakta unik lainnya, ada sekitar 50.000 penduduk Jepang yang berusia lebih dari 100 tahun dan orang Jepang berhasil memproduksi semangka berbentuk kubus agar mudah disimpan di lemari es.

4. Denmark

Denmark dianggap sebagai negara yang penduduknya paling bahagia di dunia walaupun harga barang-barang di Denmark cukup tinggi. Fakta unik lainnya, Denmark memiliki 3 alfabet yang tidak ada di dalam alfabet Inggris. Ketiganya adalah huruf vokal dan ditulis setelah huruf Z dalam alfabet tersebut.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Meteor yang Mengungkap Asal Usul Air di Bumi

5. Bahaya kentut di luar angkasa

Mengutip Wahananews.co, kondisi luar angkasa yang hampa tanpa udara membuat gas yang keluar dari kentut menjadi tidak langsung hilang.

Saat kentut di luar angkasa, kentut yang mengandung gas seperti hidrogen hingga metana ini justru akan tetap berada di lokasi tersebut dan tidak menyatu dengan udara yang ada.

Gas yang tidak berpindah ini mudah terbakar hingga menimbulkan kecelakaan yang fatal. Hal ini bisa terjadi mengingat kentut memiliki kandungan gas metana yang dapat memicu kebakaran. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga