Rektor UHO Refresh Pengetahuan Dosen

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 07 Oktober 2021
0 dilihat
Rektor UHO Refresh Pengetahuan Dosen
Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Zamrun mengungkapkan, dalam pelatihan tersebut, dosen-dosen akan diberikan strategi-strategi dan metode dalam proses pembelajaran agar lebih terstruktur lagi "

KENDARI, TELISIK.ID - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, merefresh pengetahuan dosen.

Refresh pengetahuan para dosen dilakukan melalui kegiatan Pelatihan, Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi dosen tetap non PNS dalam lingkup UHO yang digelar Kamis (7/10/2021).

Zamrun mengungkapkan, dalam pelatihan tersebut, dosen-dosen akan diberikan strategi-strategi dan metode dalam proses pembelajaran agar lebih terstruktur lagi.

"Semua dosen itu pasti bisa mengajar. Ini kita cuma lagi merefresh pengetahuan mereka. Bagaimana cara memberikan mata kuliah yang baik secara struktur. Jadi di situ nanti akan diajarkan, karena selama ini yang mereka kerjakan kan yang penting mengajar saja," ujarnya.

Zamrun menambahkan, sebelumnya ia telah meminta dekan-dekan fakultas untuk mengevaluasi dosen-dosen non PNS yang ada di UHO.

"Saya sudah meminta para dekan mengevaluasi, terkait dengan kinerja mereka baik di bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian, maupun pengabdian dan bagaimana sumbangan mereka dalam memajukan Prodi-nya masing-masing," paparnya.

Di tempat yang sama, ketua panita, Indriyani Nur mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan mutu dosen baru yang tak memiliki keterampilan mengajar.

"Banyaknya tenaga dosen yang baru, belum ada skill dalam mengajar dan kalaupun ada itu harus di-upgrade di kegiatan Pekerti ini," katanya.

Sambunganya menerangkan, kegiatan tersebutkan difokuskan bagi dosen tetap non PNS, namun walaupun begitu pelatihan itu diperuntukan seluruh dosen lingkup UHO.

"Akan dibahas seluruh keterampilan mengajar mulai dari kurikulum sesuai program merdeka belajar kampus merdeka," terangnya.

Baca Juga: UHO Akan Berangkatkan 12 Mahasiswa FT Magang di Negeri Sakura

Baca Juga: UHO Genjot Kemitraan Demi Mudahnya Mahasiswa Masuk Dunia Kerja

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, Muhammad Botek  mengatakan, kegiatan tersebut sangat baik untuk peningkatan kualitas dosen dalam meningkatkan standar pengajaran, karena banyak sekali perubahan yang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

"Ada tambahan pengetahuan mengenai metode pembelajaran yang bisa diterapkan pada zaman sekarang, apa lagi dengan sistem pembelajaran online yang saat ini dijalani," ujar Dosen Fakultas Pertanian tersebut.

Untuk diketahui, jumlah dosen non PNS UHO sekitar 500 orang dan dengan jumlah tersebut sebenarnya masih kurang. Pihak UHO setiap tahun mengusulkan kepada kementrian untuk penerimaan dosen PNS, tapi yang non PNS tetap akan diterima, hanya saja di sesuaikan dengan keuangan UHO

Untuk diketahui  pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UHO. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga