5 Makanan Idul Adha Paling Terkenal di Dunia, Ada dari Indonesia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 10 Juli 2022
0 dilihat
5 Makanan Idul Adha Paling Terkenal di Dunia, Ada dari Indonesia
Tagine dari Maroko adalah makanan khas Idul Adha paling terkenal di dunia. Tagine adalah semur sayuran dengan rasa yang gurih. Foto: Lidl.co.uk

" Setiap negara memiliki hidangan khas di saat Idul Adha. Ada 5 hidangan dari seluruh dunia yang sangat populer "

KENDARI, TELISIK.ID - Idul Adha menjadi hari raya umat Muslim dan hari dilaksanakannya ibadah kurban. Sama seperti Idul Fitri, Idul Adha juga memiliki beberapa hidangan wajib yang menggugah selera.

Bukan hanya olahan daging, berikut adalah 5 hidangan dari seluruh dunia yang populer dan disiapkan saat Idul Adha, dilansir dari berbagai sumber.

1. Bolani (Afghanistan)

Melansir Jurnalsoreang, bolani adalah roti pipih yang diisi dengan isian yang terbuat dari bayam, kentang, daun bawang atau lentil. Roti pipih ini berasal dari Afghanistan yang disajikan dengan yogurt tawar, yogurt rasa, atau minuman 'Doogh'.

Roti pipih bolani biasanya digoreng dan memiliki tekstur yang renyah namun ada juga yang dipanggang. Memanggang roti ini bisa membantu kita mendapatkan kerak tebal yang cocok dengan isiannya.

2. Lapis Legit (Indonesia)

Lapis Legit adalah kue lapis dari Indonesia yang merupakan versi adaptasi dari kue spit, kue yang dibuat dari adonan berlapis-lapis.

Baca Juga: Resep Milk Cream Donut Ala Korea, Cuma 11 Bahan

Kue ini terdiri dari rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh dan kayu manis yang memberikan rasa dan aroma yang enak.

Kue lapis ini membutuhkan banyak kesabaran karena setiap lapisan kue dipanggang secara terpisah sebelum lapisan baru adonan kue dituangkan di atasnya untuk membentuk lapisan lain.

Kue warna-warni ini tentu saja bisa mencerahkan suasana hati orang-orang saat perayaan karena penampilannya yang cantik dan rasanya yang lezat.

3. Tagine (Maroko)

Melansir Kompas.com, selain menggunakan daging, kamu para vegetarian tak perlu kehilangan waktu bersenang-senang. Karena ada beragam pilihan sajian vegetarian, salah satunya adalah tagine.

Di Maroko, tagine adalah sajian yang populer. Tagine merupakan semur sayuran dengan rasa yang gurih. Kamu juga bisa menambahkan daging unggas, daging merah, atau ikan ke dalamnya. Tagine seringkali disajikan dengan couscous.

4. Tufahije (Bosnia)

Tufahije adalah dessert populer dari Bosnia yang dibuat dengan merebus apel dalam air gula. Kemudian mengisinya dengan kacang dan diberikan topping berupa atau crème fraiche. Tufahjie biasa disajikan dengan gelas yang lebar.

Baca Juga: Aneka Olahan Daging Kambing dari Berbagai Negara, Yuk Cobain

5. Baklava (Turki)

Baklava adalah makanan penutup yang terbuat dari kue filo dan diisi dengan kacang dan sirup manis yang terkenal di Turki.

Baklava disiapkan pada festival dan acara-acara penting seperti pernikahan, Idul Adha, Idul Fitri dan ulang tahun.

Keindahan makanan penutup ini adalah dibuat dengan lapisan adonan yang dioles di atas loyang atau loyang besar. Di antara lapisannya adalah kenari cincang, pistachio atau hazelnut dan sirup manis. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga