Aneka Olahan Daging Kambing dari Berbagai Negara, Yuk Cobain

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
0 dilihat
Aneka Olahan Daging Kambing dari Berbagai Negara, Yuk Cobain
Kalderetang Kambing salah satu menu olahan kambing asal Filipina yang bisa kamu coba untuk sajian Hari Raya Idul Adha tahun ini. Foto: Repro Pintereset.com

" Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha. Bingung dengan masakan yang itu-itu saja? "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha. Bingung dengan masakan yang itu-itu saja? Buat kamu yang masih bingung dalam mengolah daging saat Idul Adha, yuk intip berbagai rekomendasi masakan olahan kambing dari berbagai negara berikut ini.

Dilansir dari IDNTimes.com, berikut ini aneka olahan daging kambing yang bisa kamu jadikan santapan di Hari Raya Idul Adha

1. Spicy Lamb Tacos (Meksiko)

Kalau kamu ingin suasana yang berbeda saat Idul Adha, bisa buat kuliner satu ini. Kamu bisa sajikan taco dengan daging kambing yang dimarinasi dengan bumbu pedas, berbagai sayuran, roti tortilla, dan tak lupa saus guacamole sebagai pelengkap.

2. Greek Lamb Kleftiko (Yunani)

Masakan satu ini dinamakan Kleftiko, yaitu daging kambing yang direndam dalam perasan air lemon, bawang putih, dan minyak zaitun serta dimasak perlahan dalam wadah tertutup. Karena dimasak lama, tekstur daging kambing yang keras pun menjadi lebih empuk.

3. Lamb Kebab (Timur Tengah)

Dilansir dari gotravelly.com, Daerah Timur Tengah memiliki olahan yang cukup unik dan menarik untuk dicoba. Jika biasanya daging kambing diolah menjadi sate biasa yakni dengan cara menusukkan daging kambing pada tusuk, kamu bisa mencoba olahan yang sedikit berbeda.

Baca Juga: Resep Milk Cream Donut Ala Korea, Cuma 11 Bahan

Lamb Kebab dibuat dengan cara menusukkan daging kambing dan diselingi dengan potongan sayuran serta bawang bombay. Bumbu yang diberikan juga menghasilkan cita rasa lezat

4. Tagine (Maroko)

Dikutip dari kompas.com, Tagine mengacu pada panci masak dari Afrika Utara yang tutupnya berbentuk kerucut. Tagine biasanya digunakan untuk memasak makanan rebus atau stew.

Tagine merupakan olahan dengan bahan dasar daging kambing yang memiliki tampilan seperti semur. Daging kambing diolah hingga memiliki tekstur yang empuk. 

5. Kalderetang Kambing (Filipina)

Olahan yang satu ini sangat populer dan mudah dijumpai terutama di Pulau Luzon. Kata ‘kaldereta’ asal dari kata ‘kaldera’ memiliki arti ‘kawah’. Hal itu dikarenakan saus daging dari kuliner yang satu ini memiliki tekstur yang kental dan berwarna kemerahan seperti kawah.

Baca Juga: Roti Ubi Ungu Ala Korea, Resep Kekinian Cocok Jadi Ide Jualan

Kalderetang kambing memiliki bahan dasar bahu kambing. Masakan diolah dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah seperti tomat,  paprika, dan lain-lain.

Tampilan dan aroma dari masing-masing olahan kambing dari berbagai negara ini bisa kamu jadikan pedoman sajian menu Idul Adha. Gimana tertarik untuk mencoba menu yang berbeda? (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga