5 Tips Jitu Agar Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 16 Februari 2023
0 dilihat
5 Tips Jitu Agar Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP
Untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP ini awalnya kita harus lewati tahap seleksinya. Foto: ubl.ac.id

" Banyak cara bisa dilakukan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, salah satunya lewat beasiswa LPDP "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak cara bisa dilakukan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, salah satunya lewat beasiswa LPDP.

Dikutip dari Kompas.com, LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP adalah sebuah lembaga pengelola dana abadi untuk mendanai beasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

LDPD adalah sebuah Badan Layanan Umum (BLU) yang dibentuk berdasarkan UU, di mana dalam UUD 1945 mengamanahkan bahwa sekurang-kurangnya dua puluh persen Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) adalah untuk fungsi pendidikan.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP ini awalnya kita harus lips pada tahap seleksinya.

Baca Juga: 10 Ide Kado Unik untuk Bestie Cewekmu

Melansir yoursay.id dari laman Beasiswa.kamikamu.co.id, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar lolos seleksi LPDP:

1. Letter of Acceptance

Kamu yang sudah mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance di Universitas yang kalian inginkan akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini. LoA menjadi nilai tambah untuk profilmu juga. 

2. Melengkapi Syarat Administrasi

Hal yang pertama kali harus kamu pastikan adalah administrasi yang lengkap, sesuai dengan persyaratan. Akan lebih baik jika kamu melakukan persiapan dokumen untuk persyaratan jauh hari sebelumnya, seperti tes TOEFL, ijazah dan dokumen-dokumen lain.

Bagi kamu yang ingin mendaftar kamu juga harus memastikan IPK mu sesuai dengan standar batas yang ditetapkan. Biasanya nilai yang dibutuhkan adalah minimal 3.00.

3. Dapatkan informasi yang benar

Banyak sumber informasi yang beredar tentang beasiswa ini.  Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut kamu  bisa memastikan mencari informasi dari pihak yang terpercaya.

Misalnya dari pihak LPDP atau dari mentor  yang merupakan alumni beasiswa LPDP. Dengan begitu kamu akan mendapatkan update berita terbaru dan terpercaya.

4. Essay dan Rencana Studi

Untuk lolos seleksi administrasi, essay yang kamu kirimkan harus bagus. Pilihlah topik yang mempunyai pengaruh besar terhadap bangsa.

Selain itu, rencana studi yang kamu buat harus jelas dan terarah. Kamu bisa menentukan program jurusan juga universitas yang kamu incar secara matang. Dalam penulisan essay terdapat 3 bagian utama, yaitu pembuka, isi, dan penutup. 

Baca Juga: 5 Tips Gunakan Google Maps agar Tidak Nyasar

5. Nilai TOEFL dan IELTS

Untuk lolos administrasi S2 kamu harus mempunyai salah satu sertifikat Bahasa Inggris. Untuk penilaian skor TOEFL dan IELTS terbagi menjadi 2 yaitu untuk magister dan doktoral. Kamu bisa menggunakan TOEFL iBT, IELTS, TOEIC, TOAFL.

Untuk mendapatkan nilai tersebut kamu bisa berlatih atau mengikuti kursus sebelum tes tersebut. Sertifikat tes tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu satu tahun, pada umumnya. Jadi kamu bisa mempersiapkan tes ini jauh-jauh hari.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan agar bisa lolos seleksi administrasi beasiswa LPDP. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga