3 Cara Mudah Merapikan Gigi Tanpa Behel

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 03 Januari 2023
0 dilihat
3 Cara Mudah Merapikan Gigi Tanpa Behel
Gigi yang berantakan juga dapat mengubah bentuk wajah dan bahkan membuat Anda sulit mengunyah atau berbicara. Foto: Repro hellosehat.com

" Gigi menjadi salah satu organ yang cukup menarik perhatian. Untuk merapikan gigi tidak selalu hanya dengan bantuan behel, tapi juga bisa dengan cara lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Gigi menjadi salah satu organ yang cukup menarik perhatian. Untuk merapikan gigi tidak selalu hanya dengan bantuan behel, tapi juga bisa dengan cara lain.

Dikutip dari hellosehat.com, punya gigi yang berantakan karena terlalu maju (tonggos), bengkok, patah, ataupun tumpang tindih dapat membuat minder.

Gigi yang berantakan juga dapat mengubah bentuk wajah dan bahkan membuat Anda sulit mengunyah atau berbicara.

Setiap orang memiliki struktur dan ukuran gigi yang berbeda dengan lainnya. Cukup banyak orang yang terlahir diberkahi dengan gigi berukuran sama dan berjejer rapi, sementara yang lain belum tentu demikian. Untungnya, ada banyak cara untuk merapikan gigi yang bisa Anda coba.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Penghilang Bau Mulut

Melansir yoursay.id dari Halodoc dan Hellosehat, berikut beberapa cara merapikan gigi yang berantakan tanpa behel:

1. Dental Crown

Sudah pernah mendengar tentang Dental Crown? Dental crown merupakan cara untuk merapikan gigi dengan membuat mahkota gigi tiruan untuk menambah bagian gigi yang rusak, menguning, menghitam, dan tidak rata.

Umumnya dental crown terbuat dari bahan logam, stainless steel, resin atau porselen. Sebelum memasang Dental Crown, biasanya dokter gigi akan memeriksa gigi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi gigi kamu benar-benar aman.

2. Aligner

Cara pertama agar gigi lebih rapi dan tidak terlalu renggang adalah dengan menggunakan aligner. Bagi yang belum tahu apa itu Aligner, aligner adalah alat penyangga gigi yang terbuat dari plastik bening.

Aligner dibuat setipis mungkin agar tidak mengganggu kenyamanan si pemakainya saat mengunyah atau menggigit makanan. Untuk mendapatkan hasil gigi yang rapi maksimal, kau harus mengganti aligner setiap 2-3 minggu sekali.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Buku agar Kertas Tidak Menguning

3. Dental Contouring

Cara merapikan gigi selanjutnya adalah dengan melakukan dental contouring. Cara ini tergolong konservatif, pasalnya untuk meratakan gigi, lapisan enamel gigi akan dikikis sedikit, dan kemudian didi dibentuk kembali agar nampak rapi.

Untuk merapikan gigi, dental contouring termasuk cara yang efektif dengan kasus yang ringan. Namun untuk kamu yang memiliki masalah gigi sensitif, cara yang satu ini sangat tidak disarankan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merapikan gigi tanpa behel swhingga  susunan gigi lebih cantik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga