6 Doa Dibaca saat Rabu Wekasan, Lengkap dengan Terjemahannya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 04 September 2024
0 dilihat
6 Doa Dibaca saat Rabu Wekasan, Lengkap dengan Terjemahannya
Doa Rabu Wekasan adalah doa yang sering dibaca oleh umat Islam pada hari Rabu terakhir dalam bulan Safar. Foto: Repro Pixabay

" Untuk menangkal kesialan yang diyakini terjadi pada Rabu Wekasan, ada beberapa doa yang berfungsi sebagai permohonan perlindungan dan keselamatan dari segala macam musibah, baik di dunia maupun di akhirat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Rabu Wekasan, hari Rabu terakhir di bulan Safar, diyakini sebagai hari paling sial sepanjang tahun dalam tradisi masyarakat tertentu di Indonesia, terutama di wilayah Jawa dan Sunda.

Tradisi ini berakar dari keyakinan bahwa bulan Safar adalah bulan yang penuh kesialan dan musibah. Meskipun dalam ajaran Islam tidak ada hari atau bulan yang dianggap membawa sial atau keberuntungan, keyakinan ini tetap hidup di masyarakat.

Untuk menangkal kesialan yang diyakini terjadi pada Rabu Wekasan, ada beberapa doa yang bisa dibaca. Doa-doa ini berfungsi sebagai permohonan perlindungan dan keselamatan dari segala macam musibah, baik di dunia maupun di akhirat.

Tradisi ini, meskipun tidak memiliki landasan yang kuat dalam ajaran Islam, tetap menjadi bagian penting dari budaya masyarakat.

Telisikers, berikut adalah enam doa yang bisa dibaca saat Rabu Wekasan, lengkap dengan terjemahannya, bersumber dari situs NU Online, Rabu (4/9/2024).

1. Doa Perlindungan dari Berbagai Bencana

Doa pertama adalah doa yang memohon perlindungan dari berbagai bencana yang mungkin terjadi. Dalam doa ini, umat Islam memohon kepada Allah untuk melindungi mereka dari musibah yang dapat mengancam jiwa dan keselamatan mereka.

Berikut adalah lafaz doanya:

Allâhumma innî a'udzu bika minal hadmi, wa a'udzu bika minat taraddi, wa a'udzu bika minal gharqi wal hariqi, wa a'udzu bika an yatakhabbathanisy syaithanu 'indal mauti, wa a'udzu bika an amuta fi sabilika mudbiran, wa a'udzu bika an amuta ladighan.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tertimpa reruntuhan. Aku berlindung kepada-Mu dari jatuh dari tempat yang tinggi. Aku berlindung kepada-Mu dari tenggelam dan kebakaran. Aku berlindung kepada-Mu dari bujuk rayu setan ketika (menjelang) kematian (sakaratul maut). Aku berlindung kepada-Mu dari mati di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri. Dan aku berlindung kepada-Mu dari mati karena sengatan binatang."

2. Doa Saat Mendapatkan Kesulitan

Dalam kehidupan, kesulitan datang silih berganti. Pada saat Rabu Wekasan, Anda bisa membaca doa ini untuk memohon kasih sayang Allah agar terhindar dari berbagai kesulitan yang mungkin dihadapi. Berikut adalah lafaz doanya:

Baca Juga: Cara Melatih Keimanan Anak Dicontohkan Rasulullah

"Allahumma rahmataka arju, fala takilni ila nafsi tharfata 'ainin, ashlih li sya'ni kullahu."

Artinya: "Ya Allah, kasih sayang-Mu kuharapkan. Maka dari itu, janganlah kau serahkan aku kepada diriku sendiri walau sekejap. Perbaiki lah bagiku seluruh urusanku."

3. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa ini adalah doa untuk memohon keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat. Membaca doa ini pada Rabu Wekasan diyakini dapat membawa berkah dan perlindungan dari segala bahaya.

Berikut adalah lafaz doanya:

"Allahumma inna nas aluka salamatan fid dîn(i), wa 'afiyatan fil jasad(i), wa ziyadatan fil 'ilm(i), wabarakatan fir rizq(i), wa taubatan qablal maut(i), wara?matan 'indal maut(i), wa maghfiratan ba'dal maut(i). Allahumma hawwin 'alaina fî sakaratil maut(i), wan najata minan nar(i), wal 'afwa indal hisab(i)."

Artinya: "Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam beragama, kesehatan raga, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan ampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkan lah kami dalam menghadapi sakaratul maut. Berikan lah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat perhitungan amal."

4. Doa Selamat dan Tolak Bala

Doa ini merupakan permohonan kepada Allah agar dibukakan pintu-pintu kebaikan, keberkahan, dan keselamatan. Pada saat yang sama, doa ini juga memohon agar dijauhkan dari segala macam bala dan musibah, baik di dunia maupun di akhirat.

Berikut adalah lafaz doanya:

"Allahumma-ftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni'mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal 'afiyah, wa abwabal jannah. Allahumma 'afina min kulli bala'id dunya wa 'adzabil akhirah, washrif 'anna bi haqqil Qur'anil 'azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa 'adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'an ma yashifun, wa salamun 'alal mursalin, wal hamdulillaahi rabbil 'alamîn."

Artinya: "Ya Allah, buka lah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur'an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

5. Doa Terhindar dari Kezaliman

Kezaliman adalah salah satu hal yang ditakuti oleh semua orang. Pada saat Rabu Wekasan, doa ini bisa dibaca untuk memohon perlindungan dari segala bentuk kezaliman yang mungkin menimpa.

Baca Juga: Ini Amalan Agar Rezeki Berlimpah dan Berkah

Berikut adalah lafaz doanya:

"‘Alallahi tawakkalna, rabbana la taj'alna fitnatal lil-qaumidh-dhalimin, wa najjina birahmatika minal-qaumil-kafirin(a)."

Artinya: "Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, jangan lah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkan lah kami dengan rahmat-Mu dari orang-orang kafir." (QS Yunus: 85-86)

6. Doa Saat Melihat Pertanda Buruk

Doa ini digunakan untuk memohon kepada Allah agar terhindar dari segala macam keburukan yang mungkin terjadi. Membaca doa ini pada Rabu Wekasan dapat menjadi bentuk ikhtiar agar terhindar dari musibah. Berikut adalah lafaz doanya:

"Allahumma la ya'ti bil hasanati illa anta, wa la yadzhabu bis sayyi'ati illa anta, wa la haula wa la quwwata illa billah(i)."

Artinya: "Ya Allah, tidak ada yang dapat mendatangkan kebaikan kecuali Engkau, dan tidak ada yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah." (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga