6 Hal yang Bahaya Dilakukan Saat Ada Petir

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
6 Hal yang Bahaya Dilakukan Saat Ada Petir
Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat ada petir karena bisa memberikan dampak buruk. Foto: grid.id

" Petir seringkali muncul saat cuaca sedang hujan. Meski wajar, tapi ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat ada petir karena bisa memberikan dampak buruk "

KENDARI, TELISIK.ID - Petir seringkali muncul saat cuaca sedang hujan. Meski wajar, tapi ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat ada petir karena bisa memberikan dampak buruk.

Dikutip dari kompas.com dari situs resmi BMKG, petir merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan.

Fenomena alam ini biasanya muncul di langit dengan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan, beberapa di antaranya juga sesekali disertai dengan suara gemuruh yang menggelegar.

Proses terjadinya petir seringkali terjadi saat hujan turun dengan intensitas deras atau lebat. Meski wajar, tapi ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat ada petir karena bisa memberikan dampak buruk.

Baca Juga: Viral: Bocah Naik Motor Sambil Baca Al-Qur'an, Warganet: Mengantar Orang Tuanya ke Surga

Melansir yoursay.id, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat hujan dan ada petir agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan:

1. Berteduh di dekat bangunan tinggi

Tempat yang aman untuk berteduh adalah area yang jauh dari bangunan tinggi.

Jangan sekali-kali Anda memilih berteduh di bawah pohon, karena petir biasanya akan menyambar objek yang lebih tinggi dari bangunan sekitarnya.

2. Berada di area kerumunan

Hujan dan petir bisa saja terjadi ketika Anda sedang berada di luar ruangan. Saat badai petir berlangsung, segera pisahkan diri Anda dari kerumunan orang.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi korban terluka jika petir menyambar lapisan tanah yang menjadi tempat Anda berdiri.

3. Bersentuhan dengan air secara langsung

Saat hujan lebat dan dibarengi dengan kilat dan petir, sebaiknya Anda menghindari kegiatan yang bersentuhan dengan air secara langsung seperti mandi, mencuci piring, dan lain sebagainya.

Kilat yang muncul ketika hujan lebat bisa merambat pada saluran yang ada di dalam rumah. Apalagi jika saluran tersebut terbuat dari pipa besi. Akan lebih baik jika Anda menunggu hingga hujan reda untuk melakukan berbagai kegiatan tersebut.

4. Berteduh di luar ruangan

Saat terjadi hujan badai, sangat dianjurkan bagi Anda untuk berada di dalam ruangan. Jangan hanya berteduh di pinggi jalan atau di depan bangunan, segera temukan bangunan yang bisa melindungi diri Anda ketika petir menyambar.

Anda bisa berteduh di dalam bangunan seperti rumah, kafe, kantor, dan pusat perbelanjaan yang bisa mengijinkan akses masuk bagi banyak orang.

5. Bermain HP dan alat elektronik lain

Hindari penggunaan HP, komputer, laptop, dan alat elektronik lainnya saat terjadi hujan petir di luar rumah. Lebih baik Anda menunda pekerjaan dan mematikan berbagai alat elektronik tersebut hingga hujan reda.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko kilat dan petir yang bisa merambat melalui sistem elektronik yang terdapat pada alat-alat elektronik tersebut.

Baca Juga: AG Kekasih Mario Dandy Bakal Diperiksa Hari Ini

6. Berkendara

Ketika hujan badai terjadi saat Anda mengendari mobil atau sepeda motor, segeralah menepi dari jalan dan cari tempat aman untuk berteduh. Pastikan Anda memarkir kendaraan di tempat yang aman agar terhindar dari kecelakaan seperti pohon tumbang atau yang lainnya.

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak Telisikers lakukan ketika sedang hujan badai yang dibarengi dengan sambaran petir. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga