7 Cara Alami Hilangkan Mata Panda dengan Cepat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 19 April 2024
0 dilihat
7 Cara Alami Hilangkan Mata Panda dengan Cepat
Mata panda dapat diatasi dengan berbagai cara, di antaranya dengan menggunakan bahan kimia. Foto: Repro enesis.com

" Mata panda bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Kondisi ini ditandai dengan bagian kantung mata yang tampak lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Mata panda menjadi salah satu kondisi yang seringkali melanda seseorang. Kondisi ini cukup mengganggu penampilan, maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

Dikutip dari alodokter.com, mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata sering dikaitkan dengan kondisi kurang tidur. Namun, kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab kondisi ini.

Orang yang sedang dehidrasi, mengalami proses penuaan, atau menderita penyakit tertentu, juga bisa mengeluhkan timbulnya mata panda. 

Mata panda bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Kondisi ini ditandai dengan bagian kantung mata yang tampak lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya.

Selain itu, orang yang memiliki mata panda biasanya akan terlihat letih dan lebih tua dari usia sebenarnya. Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi mata panda ini agar penampilan tetap optimal.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami:

1. Perbanyak minum air putih

Cara menghilangkan mata panda yang paling mudah adalah memenuhi asupan cairan tubuh.

Asupan ini bisa berbeda untuk setiap orang, tetapi setidaknya tidak kurang dari 2 liter per hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Rendaman Air Kurma Bagi Kesehatan

Selain bisa mengurangi mata panda, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga efektif mendukung kesehatan kulit, termasuk menjaga elastisitas dan kelembapannya.

Sementara untuk tubuh, asupan cairan tidak hanya mencegah dehidrasi, tetapi juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Kompres dingin

Caranya, bungkus es batu dengan waslap atau kain bersih dan letakkan pada mata. Sensasi dingin dari es batu membantu meredakan panas dan lelah pada mata. Kamu bisa melakukan perawatan ini selama 20 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Menggunakan air mawar

Air mawar tak hanya berbau harum, tapi juga dapat menenangkan dan meremajakan kulit. Guna membantu menghilangkan mata panda, bahan alami ini berfungsi sebagai toner kulit. 

Menggunakan air mawar sebagai cara menghilangkan mata panda tidak sulit. Cukup rendam kapas dalam air mawar. Lalu, kompreskan pada area bawah mata selama sekitar 15 menit dan bilas air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

4. Memakai krim mata

Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung vitamin K, E, C, maupun ekstrak daun teh. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi munculnya kerutan pada kulit dan menyamarkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. 

Meski begitu, hasilnya tentu tidak bisa langsung terlihat. Biasanya, efeknya baru terlihat setelah penggunaan produk selama beberapa minggu.

5. Cukupi kebutuhan tidur

Studi dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan, kurang tidur memperburuk lingkaran hitam pada mata. Jadi, penuhi kebutuhan tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan mata panda. Posisi kepala yang sejajar dengan tubuh membuat cairan menggenang pada bawah mata. Alhasil, area tersebut menjadi lebih bengkak.

Baca Juga: 8 Minuman Ini Bisa Menjadi Peluntur Lemak Pasca Lebaran

Solusinya, tambahkan beberapa bantal supaya posisi kepala lebih tinggi dari tubuh untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

6. Kompres dengan kantung teh

Cara menghilangkan mata panda berikutnya adalah kompres dengan kantung teh. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, serta mengurangi penumpukan cairan pada bawah kulit. Cara ini berfungsi untuk menyamarkan mata panda. 

Studi dalam Advanced Biomedical Research menyebutkan bahwa kafein dalam kantung teh dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi tampilan mata panda pada permukaan kulit.

Caranya, rendam dua kantong teh dalam air panas selama 5 menit. Lalu dinginkan dalam lemari es selama 15 hingga 20 menit. Letakkan kantong teh pada mata selama 10 hingga 20 menit.

7. Hindari asupan kafein

Kamu juga perlu membatasi asupan kafein baik dalam makanan maupun minuman sebelum tidur. Bukan tanpa alasan, kafein dapat membuat kamu terjaga dan kesulitan tidur pada malam hari.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat mengatasi mata panda secara cepat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga