5 Manfaat Rendaman Air Kurma Bagi Kesehatan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 17 April 2024
0 dilihat
5 Manfaat Rendaman Air Kurma Bagi Kesehatan
Rendaman air kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Repro fran sinatra/koranrb.id

" Selain nutrisi, buah kurma juga mengandung asam folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid "

KENDARI, TELISIK.ID - Buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya pada daging, tapi juga rendaman air kurmanya.

Dikutip dari kemkes.go.id, buah kurma ternyata tidak hanya mengenyangkan, tapi buah satu ini juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram buah kurma, terkandung sekitar 280 kalori dan aneka nutrisi.

Selain nutrisi, buah kurma juga mengandung asam folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Dengan banyaknya kandungan yang ada pada kurma, rendaman airnya juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa manfaat rendaman air kurma.

1. Mengendalikan gula darah

Meski pada dasarnya rasanya manis, kurma ternyata tidak memicu naiknya gula darah pada tubuh. Malahan buah satu ini justru bisa membantu menstabilkan gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah. 

Baca Juga: 7 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

2. Menghidrasi tubuh

Tak hanya air mineral, rendaman air kurma juga bisa dipakai untuk menghidrasi tubuh dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Minuman sehat ini juga diyakini lebih sehat dibandingkan dengan minuman manis lain, termasuk jus kemasan, minuman bersoda, dan teh manis. 

3. Melancarkan sistem pencernaan

Dehidrasi dapat memicu terjadinya sembelit. Inilah yang menjadi manfaat rendaman air kurma lainnya, yaitu memberikan serat pada tubuh yang dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. 

Baca Juga: 5 Minuman Sebelum Tidur Penurun Berat Badan

4. Menambah energi

Pada umumnya berbagai jenis kurma memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang menjadi sumber energi paling utama untuk tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi tubuh yang kelelahan, baik setelah beraktivitas fisik maupun adanya kondisi tertentu yang membuat kamu memerlukan energi yang lebih banyak.

5. Obat untuk berbagai penyakit

Tidak hanya menstabilkan gula darah dan menyehatkan jantung, air rendaman kurma juga memiliki kandungan berbagai antioksidan. Mulai dari asam fenolik, karotenoid, hingga flavonoid.

Kandungan ini dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan, sekaligus menurunkan risiko tubuh mengalami banyak penyakit. Contohnya seperti kanker, diabetes, dan degenerasi makula.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika mengonsumsi rendaman air kurma. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga