5 Manfaat Minum Teh Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 25 April 2024
0 dilihat
5 Manfaat Minum Teh Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh
Teh memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Foto: Angga Purenda/Radar Solo

" Beberapa zat utama yang bermanfaat yang terdapat di dalam secangkir teh, di antaranya adalah vitamin C, vitamin E, polifenol, dan vitamin A "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu minuman yang cukup banyak digemari masyarakat adalah teh. Jenis minuman ini tidak hanya nikmat, tapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, teh merupakan minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Beberapa zat utama yang bermanfaat yang terdapat di dalam secangkir teh, di antaranya adalah vitamin C, vitamin E, polifenol, dan vitamin A.

Lantas, apa saja manfaat yang ada pada teh bagi kesehatan tubuh?

Melansir tehsariwangi.com, berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi teh setiap hari:

1. Membantu Jaga Berat Badan

Salah satu manfaat minum teh adalah dapat membantu menjaga berat badan. Ya, karena jenis minuman herbal satu ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan bantuan teh yang dikonsumsi tanpa tambahan rasa atau pemanis berkalori lainnya.

Kendati demikian, kebiasaan minum teh setiap hari juga harus diimbangi dengan menjaga asupan makanan yang cukup dan bernutrisi lengkap serta olahraga teratur.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Ini Bantu Usir Tikus dari dalam Rumah

Mengonsumsi teh sebelum Anda berolahraga dapat membuat proses pembakaran lemak di dalam tubuh jadi lebih maksimal. Namun, usahakan untuk memilih teh tanpa gula atau segala jenis pemanis tambahan.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat selanjutnya yang ada pada minuman teh adalah dapat mencegah penuaan dini. Pasalnya, kandungan flavonoid yang kaya di dalam teh bisa melindungi tubuh dari penuaan dari dalam dan luar.

Banyak penelitian yang menemukan bukti, bahwa manfaat teh bisa membantu menekan kerusakan jaringan serat yang membantu kulit tetap kencang dan awet muda.

3. Membantu Kinerja Jantung

Manfaat yang ketiga dari teh adalah dapat membantu kinerja jantung. Hal ini karena teh diketahui mengandung senyawa alami yaitu flavonoid.

Kandungan flavonoid ini dibuktikan oleh berbagai penelitian dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol, lemak, dan zat lainnya di pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Tidak hanya itu, terdapat pula penelitian lain yang menemukan fakta bahwa orang yang minum tiga cangkir teh atau lebih per hari berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

4. Mencegah Hipertensi

Selanjutnya, manfaat yang dapat diperoleh dari teh adalah mencegah hipertensi. Dengan mengonsumsi teh secara rutin, dapat dipercaya mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi hingga sekitar 46 persen.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Penyebab Berat Badan Susah Turun

Kandungan flavonoid yang ada pada teh dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

5. Menjaga Saluran Pencernaan

Terakhir, manfaat dari mengkonsumsi teh adalah menjaga saluran pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena kandungan yang terdapat di dalam teh dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan mencegah perkembangan bakteri yang dapat mengganggu pencernaan.

Meminum teh hangat di pagi hari bisa menjaga saluran pencernaan selama satu hari. Hal ini tentu akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika mengonsumsi teh setiap hari. Namun tetap mempertahankan kadar dan kondisi tertentu. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga