8 Minuman Ini Bisa Menjadi Peluntur Lemak Pasca Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 17 April 2024
0 dilihat
8 Minuman Ini Bisa Menjadi Peluntur Lemak Pasca Lebaran
Berbagai jenis minuman dapat membantu mengatasi lemak dalam tubuh. Foto: Repro Freepik/kenchiro75

" Ada banyak minuman untuk diet yang cocok untuk dikonsumsi secara rutin, seperti teh hijau dan kopi, yang dapat membantu menurunkan berat badan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menu santapan yang kebanyakan disajikan saat Lebaran adalah makanan berlemak, tinggi gula dan garam, yang dapat meningkatkan berat badan. Banyak cara mengatasi lemak ini, salah satunya dengan jenis minuman tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, bukan hanya makanan, minuman juga dapat mendukung keberhasilan dari diet yang dilakukan. Beberapa minuman untuk diet ternyata terbukti mampu memangkas lemak, sehingga penurunan berat badan terjadi secara efektif.

Ada banyak minuman untuk diet yang cocok untuk dikonsumsi secara rutin, seperti teh hijau dan kopi. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin, minuman ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Lantas, apa saja jenis minuman yang dapat membantu memangkas lemak untuk menurunkan berat badan, khususnya pasca Lebaran?

Melansir Wolipop Lifestyle, berikut beberapa jenis minuman yang mampu membantu menghancurkan lemak pasca menikmati berbagai makanan berlemak saat Lebaran:

1. Air Lemon

Salah satu minuman peluntur atau penghancur lemak yang dapat dikonsumsi adalah air lemon.

Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan hal ini, tetapi dengan mencampurkan perasan lemon ke air yang akan diminum, itu akan membuatnya memiliki sedikit rasa, sehingga minumanmu menjadi tidak membosankan.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, dan mengurangi risiko kanker tertentu.

2. Air Putih

Minuman peluntur atau penghancur lemak yang kedua adalah air putih. Banyak orang yang mungkin tidak percaya akan hal ini. Walaupun air putih tidak memiliki kalori, tetapi kandungan H20 yang dimilikinya ternyata dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Minuman Sebelum Tidur Penurun Berat Badan

Para peneliti telah menemukan bahwa jumlah kalori yang terbakar saat seseorang diam dapat meningkat hingga 24 -30 persen dalam 10 menit setelah minum air putih. Selain itu, banyak minum air putih juga dapat membantu pekerjaan ginjal dan hati agar lebih ringan. Tetap terhidrasi juga membantu mengontrol nafsu makanmu, karena terkadang beberapa orang menyalahartikan rasa haus atau hidrasi dengan lapar.

3. Air Adas

Selanjutnya, minuman peluntur atau penghancur lemak adalah air adas. Air adas dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan yang dalam beberapa kasus bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Sifat antibakteri dalam biji adas akan membantu menjaga usus tetap sehat dan memungkinkan untuk lebih mudah memproses makanan.

4. Teh Hitam

Teh hitam juga dapat dikonsumsi sebagai minuman peluntur atau penghancur lemak. Jenis teh ini mengandung kafein sekitar 47 mg. Kandungan tersebut dapat mempercepat metabolisme pada tubuh.

Selain itu, teh hitam juga mengandung polifenol yang dapat berfungsi untuk mengurangi asupan kalori dalam tubuh, meningkatkan pemecahan lemak dan bakteri sehat dalam usus.

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki dua bahan utama pembakar lemak, yaitu kafein dan antioksidan. Secangkir teh hijau dapat mengandung sekitar 24 sampai 40 mg kafein. Kafein adalah stimulan yang dikenal untuk meningkatkan pengeluaran kalori dan meningkatkan kinerja selama berolahraga.

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Antioksidan tersebut dapat membantu memecah lemak dalam tubuh.

6. Jus Sayuran

Minuman peluntur atau penghancur lemak kali ini adalah jus sayuran. Jus buah mungkin memiliki kandungan gula yang tinggi, tetapi berbeda dengan jus sayuran. Jus sayuran segar adalah minuman rendah karbohidrat yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak jus sayuran pada akhirnya akan meningkatkan jumlah konsumsi sayuran mereka dan mengurangi asupan karbohidrat. Tentu saja hal itu dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu sayuran juga mengandung banyak serat yang dapat mencegah rasa lapar.

7. Teh Jahe

Minuman peluntur atau penghancur lemak yang ketujuh adalah teh jahe. Kekuatan dari jahe sebenarnya kurang efektif dalam penurunan berat badan yang terkait dengan pembakaran lemak, namun cukup efektif untuk menghilangkan gejala yang seringkali menghambat seseorang untuk kehilangan berat badan. Misalnya, jahe memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah kerusakan kardiovaskular dan pemicu stres lainnya karena kelebihan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Rendaman Air Kurma Bagi Kesehatan

Berkat senyawa yang disebut gingerol, jahe memiliki potensi untuk meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol "jahat". Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum air jahe sebelum makan dapat membantu merasa lebih kenyang.

8. Cuka Apel

Terakhir, minuman peluntur atau penghancur lemak adalah cuka apel. Bahan utama pembakar lemak dalam cuka apel adalah asam asetat. Selain itu, asam asetat juga dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar insulin, dan mengurangi nafsu makan.

Menurut penelitian yang dilakukan pada orang dengan diabetes tipe 1, cuka apel dapat memperlambat pengosongan makanan dari dalam perut. Menambahkan beberapa sendok cuka apel ke minuman, dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Namun kamu perlu berhati-hati karena mengonsumsi minuman yang mengandung banyak asam dapat mengikis gigi dan memperparah mulas.

Nah, itulah beberapa jenis minuman yang dapat membantu mengatasi lemak-lemak yang menumpuk pasca Lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga