7 Kebiasaan Masyarakat Jelang Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 16 April 2023
0 dilihat
7 Kebiasaan Masyarakat Jelang Lebaran
Ada beberapa kebiasaan tersendiri yang dilakukan masyarakat saat menjelang lebaran Idul Fitri. Foto: fimela.com

" Perayaan hari raya Idul Fitri atau lebaran momen yang sangat dinanti-nantikan. Bahkan ada kebiasaan tersendiri yang dilakukan saat menjelang lebaran ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Perayaan hari raya Idul Fitri atau lebaran momen yang sangat dinanti-nantikan. Bahkan ada kebiasaan tersendiri yang dilakukan saat menjelang lebaran ini.

Hari raya Idul Fitri atau lebaran di tahun 2023 ini tinggal menghitung hari saja. Tentunya suasana lebaran mulai terasa hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Melansir yoursay.id dan detik.com, berikut beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat menjelang perayaan hari raya Idulfitri:

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Jalin Silaturahmi Saat Lebaran

1. Memasak Kue dan Makanan Khas Lebaran

Kebiasaan memasak hidangan khas lebaran atau kue-kue lebaran bisa dibilang telah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu.

Umumnya, makanan khas lebaran yang dimasak merupakan makanan tradisional di masing-masing daerah dan memiliki makna tersendiri saat perayaan lebaran.

Beberapa orang juga memasak kue dan kudapan saat lebarannya sendiri, meskipun kini umumnya adapula yang membeli langsung kue-kue dan kudapan yang umumnya akan dihidangkan saat lebaran.

Makanan yang umumnya disajikan saat lebaran seperti ketupat opor, gulai, kare ataupun makanan-makanan lainnya.

2. Mudik

Kebiasaan ini bisa dibilang pasti terjadi di setiap momentum lebaran di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang telah menjadi agenda rutin bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi para perantau di berbagai daerah.

Mudik merupakan kebiasan pulang ke kampung halaman yang umumnya dilakukan setiap hari-hari besar atau momen liburan panjang seperti libur lebaran saat ini. Diperkirakan jutaan warga Indonesia melakukan kegiatan ini setiap menjelang perayaan Idulfitri.

Momentum dapat berkumpul di rumah keluarga dan bertemu keluarga besar menjadi salah satu alasan utama dari kegiatan tersebut.

Momen ini pula yang seringkali dipergunakan oleh para perantau yang biasanya pergi dari daerah asal untuk bekerja ataupun bersekolah untuk bisa bertemu kembali dengan keluarganya di hari lebaran. 

3. Belanja Baju Baru

Salah satu kebiasaan terakhir yang mungkin juga masih sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menyambut lebaran adalah berbelanja baju baru untuk dipakai di hari raya Idulfitri.

Kebiasaan yang sudah menjadi tradisi turun temurun ini memang merupakan salah satu warna tersendiri dalam menyambut lebaran di Indonesia.

Umumnya kebiasaan ini sangat digemari oleh anak-anak dan remaja. Tentunya hal ini juga disambut cukup antusias oleh para pemilik toko maupun ritel yang bergerak di bidang fashion.

4. Mengecat dan Menghias Rumah

Salah satu kebiasaan yang umumnnya dilakukan menjelang perayaan hari raya Idulfitri di Indonesia adalah mengecat ataupun menghias rumah.

Beberapa orang ketika menyambut hari raya lebaran umumnya akan mengecat ulang rumah mereka dan tidak jarang pula ada yang memberikan beberapa ornamen atau hiasan seperti rangkaian bendera warna-warni, lampu-lampu hias ataupun umbul-umbul yang dijadikan pernak-pernik hiasan lebaran.

Kebiasaan mengecat ulang rumah saat akan menyambut perayaan lebaran ini diyakini untuk memberikan suasana baru dan untuk menyemarakkan lebaran.

5. Takbiran

Takbiran menjadi tradisi yang menjadi identitas malam lebaran. Kumandang takbir di masjid dan takbir keliling di jalan-jalan dengan tabuhan bedug akan meramaikan lebaran.

6. Ziarah kubur

Momen Lebaran juga biasanya dilakukan untuk mengunjungi makam keluarga dan orangtua yang sudah berpulang. Saat ziarah kubur, umat Muslim Indonesia biasa mendoakan keluarga yang telah mendahului, menaburkan bunga dan menyiramkan air.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Hampers dan Parcel Lebaran

7. Silaturahmi Idul Fitri

Silaturahmi di hari lebaran adalah kesempatan berharga untuk berkumpul dan saling bermaafan. Biasanya ada tradisi sungkem atau saling bersalaman untuk meminta maaf.

Semua orang bersuka cita, baik anak-anak, orang dewasa sesama Muslim atau antaragama. Semuanya dapat berkumpul menjadi satu saat lebaran untuk mempererat tali persaudaraan.

Nah, itulah beberapa kebiasaan masyarakarat yang seringkali dilakukan saat akan menyambut hari raya Idul Fitri atau lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga