7 Tips Agar HP Tak Cepat Panas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 18 Mei 2023
0 dilihat
7 Tips Agar HP Tak Cepat Panas
Jaga smartphone kesayangan Anda dari suhu panas, agar tak cepat rusak. Foto: Repro Jatimnetwork.com

" Jangan menyimpan HP di bawah terik matahari langsung. Paparan matahari dapat meningkatkan suhu HP secara cepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat menggunakan smartphone di bawah sinar matahari, tak jarang cuaca panas juga ikut terserap ke smartphone yang kita gunakan. Faktor lain seperti menggunakan HP terlalu lama dengan aplikasi yang terlalu berat juga dapat membuat HP cepat panas.

Dilansir dari Aceh.tribunnews.com dan Inet.detik.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar HP tak cepat panas.

1. Jangan sampai HP langsung terkena matahari

Tips yang pertama adalah jangan menyimpan HP di bawah terik matahari langsung. Paparan matahari ini dapat meningkatkan suhu HP secara cepat.

2. Jangan tinggalkan HP di dalam mobil

Ketika mobil yang sedang berhenti atau parkir diibaratkan seperti oven, artinya mobil dapat menampung panas dari matahari.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Redmi Note 11, HP Kelas Menengah untuk Semua Kalangan

Jadi, ketika HP ditinggal di dalam mobil itu artinya secara otomatis akan membuat HP ikut menjadi panas. Untuk menghindari panas pada HP, maka sangat disarankan untuk tidak menyimpan HP di dalam mobil.

3. Jangan mengisi daya baterai sambil menggunakan HP

Jangan sampai kamu melakukan kedua hal ini secara bersamaan seperti mengisi daya baterai dan menggunakannya langsung. Hal ini bisa membuat panas pada HP secara ekstrem, apalagi jika ditambah dengan peningkatan suhu yang panas.

Sebaiknya hindari saja dulu mengisi daya baterai sambil menggunakannya.

4. Matikan beberapa koneksi yang tak digunakan

Apa sajakah yang dimaksud dengan mematikan koneksi yang tak digunakan? Ini adalah koneksi seperti koneksi bluetooth, hotspot pribadi, dan GPS yang bisa membuat HP bekerja nonstop sehingga temperaturnya ikut naik.

Oleh karena itu kamu perlu untuk menjaga temperaturr HP agar tak terlalu panas.

5. Turunkan kecerahan layar

Tips yang selanjutnya adalah turunkan kecerahan layar atau biasa dikenal brightness. Penggunaan kecerahan layar yang sangat tinggi dapat memicu peningkatkan temperatur HP.

6. Membersihkan HP dari debu

Ternyata debu yang menempel pada HP bisa menyebabkan panas pada HP atau overheating. Karena ternyata lubang pada badan HP bisa menutupi alur suhu panas. Jadi suhu panas tidak dapat dikeluarkan karena lubang tertutup oleh debu.

Baca Juga: Begini Nasib Keamanan Data saat Masuk Instagram Pakai KTP

Jadi, pastikan HP rutin dibersihkan supaya tidak berdebu.

7. Aktifkan Mode Pesawat

Cobalah dengan mengistirahatkan HP dengan mengaktifkan mode pesawat. Apalagi jika penggunaan HP sudah terlalu sering digunakan pada setiap harinya. Bagaimana cara optimal untuk mengurasi panas pada HP dengan mengaktifkan mode pesawat?

Untuk memaksimalkan masa istirahat pada HP ini, ada baiknya kamu menutup setiap aplikasi yang digunakan. Selain itu, ada baiknya untuk menyisihkan waktu, kalian juga bisa mengaktifkan mode pesawat untuk mempercepat proses untuk menurunkan suhu yang sangat tinggi pada HP yang sedang kita gunakan, hal ini menjadi penting untuk diperhatikan. Karena terkadang terlupakan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga