8 Kota di Indonesia dengan Tata Kelola yang Baik Menurut Bappenas, Ada Kotamu?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
8 Kota di Indonesia dengan Tata Kelola yang Baik Menurut Bappenas, Ada Kotamu?
Kota Bandung berhasil menjadi kota nomor 1 yang memiliki tata kelola kota yang baik. Foto: Repro Inews.id

" Ada kota yang dinobatkan sebagai kota dengan tata kelola baik. Artinya, kota tersebut berhasil menyediakan sarana prasarana perkotaannya, sehingga menampilkan wajah kota yang nyaman bagi penduduknya "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia punya ratusan kota dengan segala keragamannya. Di antara kota tersebut, ada yang dinobatkan sebagai kota dengan tata kelola kota yang baik. Artinya, kota tersebut berhasil menyediakan sarana prasarana perkotaannya, sehingga menampilkan wajah kota yang nyaman bagi penduduknya.

Tata kota terbaik memiliki penilaiannya yang dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan hasil yang akan disimbolkan dengan pemberian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Dilansir Palpres.disway.id dan Inews.id, berikut ini beberapa tata kota terbaik di Indonesia.

1. Kota Bandung

Kota Bandung merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat. Kota yang dijuluki sebagai kota Paris Van Java ini berhasil menjadi kota nomor 1 yang memiliki tata kelola kota yang baik. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya perubahan pada perkotaannya.

Bahkan, tak hanya itu, suasana Bandung sangat asri apalagi kesejukan udaranya yang membuat wisatawan semakin betah berwisata di Kota Bandung.

2. Kota Banjarbaru

Kota Banjarbaru merupakan salah satu kota yang terkenal di Provinsi Kalimantan Selatan, sekaligus menjadi hasil dari pemekaran Kabupaten Banjar. Meskipun usia berdirinya masih terbilang baru, tapi ternyata Banjarbaru telah terpilih menjadi wilayah yang memiliki tata kota yang baik di peringkat kedua setelah Bandung.

Baca Juga: Kota Kendari Masuk Tiga Besar Tata Kelola Pemerintahan Daerah Terbaik di Indonesia

Tak hanya itu, kota ini juga berhasil menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan.

3. Kota Denpasar

Berikutnya, kota yang menjadi wilayah dengan tata kelola ketiga adalah Denpasar. Ibu kota dari Provinsi Bali ini dikenal sebagai kota pariwisata karena telah mendorong banyaknya perubahan dan kemajuan dari sarana dan prasarananya sehingga mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berwisata.

Menjadi kota dengan tata kelola kota yang baik itu dapat dilihat dari banyaknya infrastruktur yang dibangun demi mendukung kesejahteraan penduduknya.

4. Kota Dumai

Berikutnya, ada Kota Dumai yang berada di Provinsi Riau yang merupakan pemekaran Kabupaten Bengkalis, sekaligus merupakan kota terluas di Indonesia selain Manokwari. Dalam penataan kota, Dumai berhasil mengelola wilayahnya yang sangat strategis sehingga Dumai mendapatkan predikat sebagai salah satu wilayah dengan tata kota terbaik di Indonesia di peringkat ke-4.

5. Kota Palembang

Nah, lalu ada kota yang dijuluki kota pempek di Indonesia, apalagi kalau bukan Kota Palembang. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan ini ternyata berhasil memiliki pembangunan kota yang cukup pesat, terutama dalam infrastrukturnya.

Namun tak hanya itu, tata kelola dari kota ini juga cukup seimbang dengan melakukan pemerataan di berbagai aspek. Hal tersebutlah yang dapat membantu meningkatkan nilai kesejahteraan warganya, sehingga menjadikan Palembang dapat meraih predikat sebagai wilayah dengan tata kota yang baik pada peringkat ke-5.

6. Kota Semarang

Selanjutnya, kita kembali ke Pulau Jawa, ada Kota Semarang yang dikenal dengan beberapa bangunan tua yang memiliki banyak nilai sejarah, salah satunya Lawang Sewu. Menjadi salah satu kota metropolitan, Semarang memiliki tata kelola kota yang baik karena kota ini begitu memperhatikan sarana dan prasarananya, sehingga memudahkan warga dalam meningkatkan nilai kehidupan.

Baca Juga: Hasil Evaluasi KPK, Tata Kelola Pemerintahan Kendari di Posisi 43

Bahkan, sekarang dapat terlihat bahwa tampilan wajah kota Semarang semakin teratur dengan keberadaan sistem pembangunan infrastruktur yang merata.

7. Kota Surabaya

Menjadi kota metropolitan kedua setelah DKI Jakarta. Walaupun memiliki tata ruang wilayahnya yang cukup padat, Kota Surabaya tetap mengelola pembangunan infrastrukturnya dengan cukup baik.

Sehingga dapat mengantarkan kota ini sebagai salah satu wilayah dengan tata kota yang baik dan tepat.

8. Kota Yogyakarta

Selain terkenal karena julukan kota pelajar dan memiliki budaya maupun sektor pariwisatanya, Yogyakarta juga menjadi kota dengan tata kelola yang baik. Hal itu menjadikan Jogja mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung. Maka sebagai wisatawan, kamu dapat melihat tata kelola kota yang baik dari Jogja melalui pembangunan infrastrukturnya yang sering dilakukan sebagai kenyamanan sekaligus kesejahteraan penduduknya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga