adplus-dvertising

5 Hewan dengan Nafsu Makan yang Menakjubkan

Haidir Muhari, telisik indonesia
Kamis, 29 April 2021
1155 dilihat
5 Hewan dengan Nafsu Makan yang Menakjubkan
Gajah Afrika termasuk hewan dengan nafsu makan yang menakjubkan. Foto: Repro Denis-huot/naturepl.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID -  Tahukah Anda, ada beberapa hewan yang tidak hanya makan banyak, tetapi  mengonsumsi makanan dalam jumlah menakjubkan?

Dalam pelajaran biologi, ada yang disebut proses makan memakan atau rantai makanan. Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan dengan caranya masing-masing.

Di alam liar, ada beberapa hewan yang membutuhkan makanan dalam jumlah yang menakjubkan. Dilansir dari Bibliotika.com dan Bobo.grid.id, berikut daftar beberapa hewan itu.


1. Paus Biru

Paus biru yang memiliki nama ilmiah Balaenoptera musculus. Hewan ini ditengarai sebagai hewan terbesar yang diketahui manusia.

Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dengan bobot 200 ton atau lebih. Untuk itu, paus ini membutuhkan suplai energi yang besar.

Hewan ini tak terkalahkan dalam selera makan. Setiap hari, hewan ini melahap 40 juta udang kecil atau krill untuk menyokong badan besarnya. Krill adalah sejenis invertebrata laut seperti udang yang panjangnya kurang dari satu inci.

2. Celurut Kerdil

Celurut kerdil yang memiliki nama ilmiah Sorex minutus, adalah mamalia kecil berwarna coklat. Hewan ini dikenal sebagai predator kecil yang rakus.

Celurut biasa untuk bertahan hidup memerlukan makanan setiap dua sampai tiga jam dengan mengonsumsi makanan sebanyak 80-90?ri berat badannya setiap hari. Celurut kerdil dengan ukuran tubuh yang lebih kecil, yaitu setengah dari celurut, membutuhkan makanan sebanyak 125?ri berat badannya setiap hari.  

Baca Juga: 34 Pemain dipanggil Shin Tae-yong Persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022

3. Burung Bangkai

Burung bangkai atau burung nasar termasuk dalam kelas Aves dan keluarga Chordata. Burung ini satu-satunya vertebrata (bertulang belakang) di daratan yang bisa hidup dengan makan bangkai.

Hewan ini terdiri dari 23 jenis. Namun populasinya dilaporkan terus menurun, bahkan beberapa jenis terancam punah.

Burung bangkai bisa makan hingga 20?ri berat tubuhnya dalam satu waktu. Makanan utamanya adalah daging, baik yang segar (dari hewan yang baru saja mati) atau yang sudah membusuk.

Burung nasar makan secara berkerumun. Satu kerumunan yang cukup besar bisa melahap seluruh bagian bangkai zebra dalam waktu 30 menit.

4. Gajah Afrika

Gajah afrika dengan nama ilmiah Loxodonta, memiliki berat badan 2,7 hingga 6 ton. Tingginya mencapai 3,2 meter.

Gajah jantan dewasa makan sekitar 1?ri berat badan mereka dalam bentuk makanan kering setiap hari. Sementara itu, gajah betina yang sedang menyusui makan hingga 1,5% untuk bertahan hidup.

Mega-mamalia ini bisa makan hingga 18 jam sehari, tergantung ketersediaan makanan. Porsi makannya bisa mencapai 60 kg makanan kering, tanpa menghitung kandungan air, yang membuatnya empat kali lipat lebih berat.

Baca Juga: Tertunda 6 Bulan, Abdurrahman Saleh Terima SK Ketua PODSI Sultra

5. Setan Tasmania

Setan tasmania mempunyai nama ilmiah Sarcophilus harrisii. Berat badan jantannya adalah 8 kg, dan betina 6 kg. Sementara itu, panjangnya, termasuk kepala dan badan 65 cm untuk jantan, dan 56 cm untuk betina.

Hewan ini tergolong memiliki nafsu makan yang besar. Hewan endemik Australia ini bisa makan hingga 40 persen dari berat tubuhnya dalam waktu 30 menit. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga