8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 24 Oktober 2020
0 dilihat
8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit yang Perlu Kamu Ketahui
Lidah buaya yang diyakini baik untuk menjaga kulit. Foto: id.theasianparent.com

" Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani. "

KENDARI, TELISIK.ID - Lidah buaya atau aloe vera sudah lama diketahui memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Tanaman ini diyakini kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh.

Dilansir dari lifebuoy.co.id vitamin yang terkandung dalam lidah buaya ini menjadikannya sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh dan kulit., diantaranya adalah:

Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.

Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.

Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.

Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi Ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk Ibu dan janin.

Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.

Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.

Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

Meski banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, tapi tak banyak yang benar-benar memahami ragam manfaat apa saja yang sebenarnya ditawarkan tumbuhan tropis satu ini. Apabila rutin memanfaatkan lidah buaya, berikut ini segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan:

Baca juga: 5 Obat Berbahan Herbal yang Bisa Turunkan Demam

1. Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan akan mudah muncul. Hal ini juga disebabkan kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembapan serta elastisitasnya. Tetapi, Anda bisa mencegah tanda penuaan sejak dini dengan menggunakan aloe vera. Kemampuan aloe vera untuk melembapkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dipercaya dapat mencegah tanda penuaan.

2. Penyembuh Luka

Lidah buaya populer digunakan sebagai obat alami untuk membantu penyembuhan luka, seperti goresan dan luka bakar. Sifat antimikroba pada aloe vera menjadikannya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka. Itu sebabnya, lidah buaya juga populer digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari.

3. Efektif Melembapkan Kulit

Cenderung tumbuh di iklim tropis, daun lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar air agar tidak kering. Itu sebabnya, lidah buaya dapat tetap tumbuh subur bahkan di lingkungan yang memiliki kondisi panas intens sekalipun. Berkat kemampuan ini, gel yang terkandung dalam daun aloe vera sering digunakan sebagai dasar produk farmasi, karena dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.

4. Menenangkan dan Menghidrasi Kulit

Banyak orang lupa bahwa kulit adalah organ yang memainkan peran sangat penting dalam memastikan tidak ada racun, bahan kimia, kuman, atau kontaminan asing yang masuk ke dalam tubuh. Hanya karena tidak ada luka menganga, tidak berarti  kulit Anda tidak memerlukan perlindungan.

Agar dapat melakukan fungsi proteksi secara sempurna, Anda harus selalu menjaga kondisi kulit, termasuk agar tidak tegang dan terhidrasi baik. Sebab, kulit kering lebih mudah terkena iritasi dan dapat menimbulkan ruam atau luka sobek. Dengan menggunakan produk berbasis lidah buaya, Anda dapat memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi dan bersih setiap saat.

5. Mengurangi Stretch Mark

Ketika kulit mulai mengendur atau merenggang, seperti selama kehamilan atau karena kenaikan berat badan yang cepat, elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini menimbulkan kerutan atau tanda-tanda peregangan yang akrab disebut stretch mark.  Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun berbahan dasar aloe vera setiap harinya.

Baca juga: Ini Akibat Sering Makan Sambil Berdiri

6. Mengurangi Inflamasi atau Peradangan

Salah satu penyebab peradangan adalah kerusakan oksidatif, yang disebabkan karena radikal bebas dalam tubuh merusak sel-sel di dalamnya. Antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya mengikat radikal bebas dan membantu mengatasi peradangan tersebut. Untuk melakukannya, Anda bisa mengonsumsi jus aloe vera maupun mengoleskan gel lidah buaya di area kulit yang bermasalah.

7.  Mengurangi Ketombe

Tak hanya bermanfaat merawat kulit tubuh, aloe vera juga bisa melindungi kulit kepala. Hal ini dikarenakan lidah buaya bekerja sangat baik untuk mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala gatal.

Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit kepala berminyak, akumulasi sel-sel mati, atau bahkan infeksi di kepala. Dalam hal ini, aloe vera dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala. Selain itu, sifat antimikroba dan dalam aloe vera mampu melawan infeksi dan menenangkan kulit kepala.

8. Media Detoksifikasi Alami

Tanpa disadari, ada begitu banyak racun dan zat berbahaya yang ada pada tubuh manusia. Zat racun tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai hal, khususnya akibat kontaminasi dengan lingkungan sekitar. Paparan dengan udara kotor misalnya, menyebabkan banyak debu, kotoran, sebum, dan partikel polusi bisa menempel di kulit.

Jika tidak dibersihkan, kotoran yang mengundang banyak kuman tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebagai media detoksifikasi alami, penggunaan aloe vera bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan racun-racun tersebut. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga