999 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 18 Juni 2024
0 dilihat
999 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Kolaka Utara
Proses pengepakan daging kurban di mako Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Daerah (Satbrimobda) Polda Sulawesi Tenggara, Kolaka Utara. Foto: Ist.

" Jumlah hewan kurban yang disembelih pada momen Idul Adha 1445 Hijiriah di Kabupaten Kolaka Utara kali ini mencapai 999 ekor, yang terdiri dari 961 ekor sapi dan 38 ekor kambing "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Jumlah hewan kurban yang disembelih pada momen Idul Adha 1445 Hijiriah di Kabupaten Kolaka Utara kali ini mencapai 999 ekor, yang terdiri dari 961 ekor sapi dan 38 ekor kambing.

Jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat dibanding Idul Adha tahun lalu, yang hanya mencapai 615 sapi dan 17 kambing dengan total keseluruhan 632 ekor.

Hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 2024 ini hanya tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara. Sementara satu kecamatan yakni Ranteangin tidak memiliki informasi data hewan kurban.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Kolaka Utara, Ahmad Sanusi data jumlah hewan kurban yang masuk ke instansinya bersumber dari desa yang diambil oleh pihak kecamatan.

Baca Juga: Genjot Percepatan Penurunan Stunting, BKKBN Sulawesi Tenggara dan Pemkab Kolaka Utara Rapat Teknis Technical Asistant

"Kalau data hewan kurban OPD dan instansi vertikal diberikan langsung oleh instansi terkait ke Bagian Kesra," terangnya, Selasa (18/6/2024).

Ternak kurban tersebut tertuang dalam daftar nama dan jumlah hewan kurban Kabupaten Kolaka Utara Tahun 1444 H/2023 M, tercatat di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Kolaka Utara.

Berikut jumlah hewan kurban sapi dan kambing per kecamatan yang termuat dalam daftar nama dan jumlah hewan kurban Bagian Kesra Sekda Kabupaten Kolaka Utara:

Kecamatan Wawo, sebanyak 25 sapi. Kecamatan Ranteangin, 0. Kecamatan Lambai, sebanyak 29 sapi dan 2 kambing. Kecamatan Lasusu, sebanyak 95 sapi dan 10 kambing. Kecamatan Katoi, sebanyak 45 sapi dan satu kambing. Kecamatan Kodeoha, sebanyak 81 sapi dan 6 kambing.

Kecamatan Tiwu, sebanyak 33 sapi dan 3 kambing. Kecamatan Ngapa, sebanyak 108 sapi. Kecamatan Watunohu, sebanyak 54 sapi. Kecamatan Pakue, sebanyak 46 sapi dan 3 ekor kambing.

Kecamatan Pakue Tengah, sebanyak 135 sapi dan 3 kambing. Kecamatan Pakue Utara, sebanyak 81 sapi dan 3 kambing. Kecamatan Batu Putih, sebanyak 57 sapi dan kambing. Kecamatan Porehu 37 sapi dan 2 satu kambing, dan Kecamatan Tolala, sebanyak 9 sapi.

Sementara jumlah hewan kurban untuk organisasi perangkat daerah (OPD), pejabat daerah dan instansi pertikal lainnya sebagai berikut:

Pj Bupati Kolaka Utara 1 ekor sapi. Kantor Kementerian Agama Kolaka Utara 71 ekor sapi dan 3 kambing. Bank Sultra Lasusua, BPS Kolaka Utara, Sekertariat Kolaka Utara, dan Inspektorat Kolaka Utara masing-masing 1 ekor sapi. Tokoh masyarakat 3 ekor sapi.

Instansi Polres Kabupaten Kolaka Utara, sebanyak 17 sapi dan 1 kambing, sementara Dan Yon Brimob Totallang, sebanyak 30 ekor  sapi.

Kepala Kemenag Kolaka Utara, Alimuddin merinci khusus kantor Kemenag tahun ini berkurban 7 ekor sapi. Kelompok KUA Wawo, Ranteangin, Katoi, Ngapa, Watunohu masing-masing 1 ekor sapi.

Kelompok KUA Kodeoha 4 ekor sapi, kelompok KUA Lasusua, Pakue, dan Pakue Tengah masing-masing 2 ekor sapi. Sementara Kelompok KUA Porehu, Tolala, Batu Putih, Lambai, Tiwu, dan Pakue Utara kosong.

Baca Juga: Angka Stunting Naik, Pemkab Kolaka Utara Launching Bulan Sensus Stunting

Sementara MAN 1 Lasusua sebanyak 3 ekor sapi, MA Al-Hikma Ranteangin 1 sapi, MTsN 1 Kolaka Utara 4 sapi, MTsN 2 Kolaka Utara 1 sapi, MTsN 3 Kolaka Utara 3 sapi. MTs As'adiyah Lapai 1 sapi, MTs Darul Istiqomah Watunohu 1 sapi, Mts Muslim Mujtahid Lametuna 10 sapi.

"MTs An-Nur Rantebaru 1 sapi, MIN 1 Kolaka Utara 3 ekor, MI Al-Ikhlas Rantebaru 1 sapi, Pompes Darul Istiqomah Katoi 5 sapi, Pompes Darul Istiqomah Mala-mala 6 sapi, Pompes Hidayatullah 4 sapi, 3 ekor kambing, dan Pompes Usamah Bin Zaid Pakue Tengah 5 ekor sapi," rincinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Kolaka Utara, Ismail Mustafa menjamin, hewan kurban yakni sapi yang beredar itu sehat dan layak konsumsi.

"Khusus sapi dari peternak lokal kami telah melakukan pengecekkan dan vaksinasi. Kami juga sejak beberapa Minggu lalu jelang Idul Adha telah membuka posko pemeriksaan hewan kurban," terangnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga