123 Kades Terpilih Berikrar Bangun Desa

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
123 Kades Terpilih Berikrar Bangun Desa
Bupati Muna, LM Rusman Emba melantik 123 kades terpilih hasil pilkades serentak dan PSU. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dari 124 desa, hanya 123 kades dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, Kamis (29/12/2022) "

MUNA, TELISIK.ID - Kepala desa (kades) terpilih di Kabupaten Muna hasil pemilihan 24 November lalu dilantik. Dari 124 desa, hanya 123 kades dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, Kamis (29/12/2022).

Satu desa yakni Parigi, masih terpending dikarenakan terjadi kericuhan saat Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Dalam pengambilan sumpah yang dipimpin Bupati LM Rusman Emba, 123 kades pilihan masyarakat itu berikrar akan membangun desa, mensejahterahkan masyarakat dan mendukung program pemerintah kabupaten (pemkab).

Bupati Muna, LM Rusman berharap para kades menjaga amanah yang diberikan masyarakat. Tunjukkan kinerja. Perbedaan saat pemilihan, harus dihilangkan, sehingga tidak ada sekat-sekat yang bisa menimbulkan batu sandungan dalam proses pemerintahan desa.

"Kita menatap tahun 2023, sudah saatnya mewujudkan apa yang menjadi cita-cita besar dalam memajukan desa, daerah dan meningkatan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Tak Seperti Dulu Lagi, Pantai Batu Gong Kini Sepi Pengunjung

Ia juga menghimbau para kades agar hati-hati dalam mengelola Dana Desa (DD) yang nilainya cukup besar. Pembangunan infrastruktur, SDM, pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat, harus menjadi prioritas dalam penggunaan DD.

"Jangan kaku, manfaatkan semaksimal mungkin dengan tetap berkoordinasi dengan camat dan pemkab saat pengambilan keputusan," terangnya.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Rustam menerangkan, masa jabatan kades terpilih selama enam tahun. Mereka diharapkan mengabdikan diri dan merealisasikan program-program sesuai visi-misi untuk kemajuan desa dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Masyarakat Miskin Lawa Raya Terima BLT APBD

Untuk Desa Parigi, tinggal menunggu keputusan bupati, apakah PSU dilanjutkan atau tidak. Bila tidak, berarti akan diisi oleh Pj kades.

Sementara itu, Kades Mabodho, Kecamatan Kontunaga, Anas Boi menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan oleh masyatakat. Ia berjanji akan berbuat yang terbaik sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat.

"Mari kita sama-sama membangun desa," ajak mantan honorer Satpol PP itu. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga